Sabtu , 24 Oktober 2020
Breaking News

Home / Nasional / 10 Smartphone Buatan Indonesia, Yang Tak Kalah Dari Produk Luar Negeri

10 Smartphone Buatan Indonesia, Yang Tak Kalah Dari Produk Luar Negeri

TEKNO, SNN – Dalam bidang teknologi Indonesia masih dibilang tertinggal dibandinkan negara lainnya. Seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Jerman sudah lebih dulu axis melalui produk elektronik dan gadget yang berkwalitas tinggi.

Namun, seiring berjalannya waktu Indonesia mulai mengikuti perkembangan tersebut. Salah satunya muncul smartphone lokal yang sudah cukup bagus. Dari infomasi yang didapat ada 10 smartphone buatan Indonesia, seperti :

  1. Digicoop

Smartphone ini dikembangkan oleh para peneliti di Institute Teknologi Bandung dengan skema penanganan dari Kementrian Riset dan Teknologi pada akhir 2016. Model smartphone ini sudah mendapatkan sertifikasi tingkat kandungan dalam negeri sebesar 20,2%. Dan saat ini Digicoop di produksi secara massal melalui kerjasama ITB dengan perusahaan swasta, dengan lokasi pabrik di Cikarang Bekasi. Harga dari smartphone ini yakni Rp 1,2 juta.

  1. IVO 4g

Smartphone 4g pertama buatan Indonesia di produksi di Batam. Dirakit secara penuh oleh PT Satu Nusa Persada tbk, dan disana dilakukan oleh PT Tata Sarana Mandiri. Keunggulannya yakni dilengkapi teknologi komunikasi 4g yang memiliki kecepatan 10x lipat dari 3g.

  1. Himax

Himax muncul pada tahun 2012. Dengan harga yang ramah kantong. Seri unggulan yang diminati yakni Himax Pure S dan Polymer.

  1. Zyrex

Merk yang awalnya memproduksi komputer asli Indonesia didirikan 1996 di Jakarta dengan nama PT Zyrex Mandiri Buana. Lokasi pabrik di Jakarta Barat.

  1. Axioo

Terkenal karena produk laptopnya Axioo sudah berhasil melangkah ke pasar dunia, dan diminati kalangan masyarakat Asia Tenggara Seperti Thailand, Singapore, Vietnam dan Malaysia.  Didirikan pada tahun 2004 dan memiliki 3 pabrik di Jakarta. Seri smartphone yang banyak dimininati yakni Axiio Venge X.

  1. Mito Mobile

Berdiri pada tahun 2006 dan sukses mencuri perhatian masyarakat dengan produk berkelas dengan harga yang terjangkau. Mito merupakan smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan 2 Sim. Pabriknya di Tanggerang dengan jumlah karyawan 1000 orang.

  1. Imo Smartphone

Di produksi pada tahun 2011 oleh PT Konten Media Pramata menggandeng PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero (Inti). Dengan fitur yang menarik tak kalah dari smartphone luar negeri.

  1. Polytron

Selain memproduksi barang elektronik Polytron juga memproduksi gadget. Memiliki 3 pabrik di Jawa Tengah, untuk khusus smartphone terletak di Kudus. Seri terbaik Poytron yakni Prime 7s.

  1. Evercoss

Pabrik yang terletak di Semarang Jawa Tengah ini cukup axis di Indonesia. Dengan harga murah, dengan berusaha menggunakan sumber daya lokal namun beberapa komponen hardware produk dari Cina dan Jerman.

  1. Advan

Peminat smartphone ini banyak di Indonesia bahkan menempatu posisi ke 5 penjualan terlaris. Pabrik yang terletak di Semarang Jawa Tengah dengan produksi 30.000 unit per hari. Didirikan pada tahun 2007. Advan juga mensponsori club bola di Eropa pada tahun 2014. Dengan harga terjangkau tapi kwalitas tidak kalah dari buatan luar.

Dengan adanya smartphone tersebut menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara lain dalam hal kemajuan SDM dan Teknologi. Dan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

 

SUMBER

About adminSNN

Check Also

Pemdes Suka Marga Bagikan Ribuan Masker dan BLT Tahap 2

REJANG LEBONG – BENGKULU, sinarnusantaranews.com – Berawal dengan kata basmallah Pemdes Suka Marga Kecamatan Curup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *