Jumat , 14 Agustus 2020
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Terapkan Sistem Daring Dan Luring, Proses Belajar Siswa TK Pembina Teratai Tetap Dapat Berjalan

Terapkan Sistem Daring Dan Luring, Proses Belajar Siswa TK Pembina Teratai Tetap Dapat Berjalan

MUKOMUKO, SNN – Proses belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina Teratai yang bertempat di Kecamatan Koto Kabupaten Mukomuko, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini melakukan proses belajar dengan sistem Daring dan Luring.

Seperti yang kita ketahui bahwa proses belajar mengajar saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung dengan bertatap muka oleh guru dan murid di sekolah seperti biasanya. Banyak kiat-kiat yang dapat dilakukan agar anak-anak tetap mendapatkan ilmu walaupun tidak datang ke sekolah, salah satunya yakni dengan sistem Daring dan Luring.

Dimana pada proses tersebut seperti sistem Daring guru dan murid berkomunikasi menggunakan aplikasi whatsapp dengan layanan video call, atau bisa belajar melalui media televisi khususnya yang  terdapat pada channel TVRI murid bisa menonton sesuai kelas atau pelajaran yang telah dibuat oleh program televisi tersebut. Sedangkan proses Luring itu melakukan home visit guru bisa datang ke rumah wali murid atau sebaliknya murid yang mendatangi rumah guru, namun tetap mengikuti intruksi protokol kesehatan.

Kepada awak media ibu Devi yakni Kepala Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Teratai yang sekaligus berperan sebagai ketua Gugus Teratai, mengatakan, pada sistem proses belajar mengajar di masa pandemi ini, kami melakukan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) Alhamdulillah wali murid TK Negeri Pembina Teratai sangat mendukung, karena jika kita tetap laksanakan kegiatan di sekolah kita harus mengatur jarak, menggunakan masker dan lainnya seperti yang dianjurkan oleh pemerintah,” terang ibu Devi.

Kepala TK Pembina Teratai ini juga menjelaskan bahwa sistem belajar yang dilakukan di sekolahnya yakni sistem Daring dan Luring. “Dimana pada sistem luring Alhamdulillah, tanggapan dari pihak wali murid setelah kami lakukan rapat kemarin, wali murid mendukungan kegiatan yang kita lakukan karena dengan begitu murid masih dapat belajar dari pada tidak sama sekali, jadi ada tatap muka antara murid dan guru dalam 1 minggu itu ada 3x, dan durring 2x dalam seminggu.”

Lanjutnya, “Jadwal kami pada hari Senin dan Jum’at itu pelaksanaan kegiatan during, wali murid diperkenankan datang ke Sekolah untuk pengambilan tugas kemudian dikerjakan oleh di rumah kemudian di foto lalu di kirim ke guru melalui aplikasi whatsapp, kegiatan saat sedang mengerjakan tugas juga di foto, kalau bisa video call jadi bisa tanya jawab. Khusus lurring seperti permainan puzzle otomatis mainan puzzle di Sekolah di bawa ke rumah, jadi kegiatan 1 guru dalam 1 hari mengontrol 5 orang anak dengan Sistem protokol,” jelasnya secara detail.

Kami juga sepakat untuk khusus Kecamatan Koto anak yang mengunjungi rumah guru. Jadi tetap mengikuti protokol dengan memberi jarak dengan tempo 1 jam dari pukul 08.00 – 09.00 WIB.

“Kebetulan yang hadir pada rapat kemarin hanya beberapa yang hadir, sehingga yang melakukan kebijakan seperti ini baru beberapa saja. Dengan Sistem Belajar yang sama. Namun jadwal tergantung dengan sekolah masing-masing. Jadi dengan adanya program tersebut anak2 dapat terbantu, sebab sekolah memang belum diperbolehkan. Terutama untuk siswa baru, kami telah menerima siswa baru sebanyak 15 anak.”

Total murid lama yang terdapat di TK Pembina Teratai berjumlah 24 siswa ditambah siswa baru 15, jadi saat ini jumlah siswa di sekolah kami itu 39 siswa untuk sementara.

Ditambahkannya, “untuk gugus itu terdiri dari 6 lembaga seperti alkausar 1, alkausar 2, ananda, rahayu, teratai, satu atap. Rapat gugus juga telah kami lakukan alhamdulillah berjalan lancar kami juga telah membuatkan jurnal harian setelah guru melakukan proses belajar di rumah kemudian kembali ke sekolah langsung mengerjakan pengisian jurnal dan RPP berikutnya yang akan dilakukan guru untuk esok harinya,” tutup Kepala TK Pembina Teratai. (VIC)

 

About adminSNN

Check Also

Polsek Lebong Selatan Kembali Bagikan Sembako Polri Kepada Warga Di 2 Lokasi

LEBONG, SNN – Dengan penuh semangat Polsek Lebong Selatan bagikan bantuan sembako Polri kepada masyarakat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *