Sabtu , 19 September 2020
Breaking News

Home / Daerah / Pemdes Pungguk Lalang Adakan Musdesus dan Siap Bagikan BLT-DD Tahap Ke II

Pemdes Pungguk Lalang Adakan Musdesus dan Siap Bagikan BLT-DD Tahap Ke II

REJANG LEBONG, SNN – Dengan melafazkan kata basmallah Kepala Desa Punguk Lalang mengadakan Musdesus dan  Menindaklanjuti Permendesa PDTT RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020, dan musyawarah Desa terkait Perubahan APBDes 2020 oleh Pemerintah Desa Punggu Lalang, Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong.

Pelaksanaan musyawarah desa khusus sekaligus pembahasan perubahan Anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tahun 2020 yang dilaksakan pemerintah desa Pungguk Lalang dilaksanakan di Masjid sebab ruangan balai desa terlalu kecil maka dari itu Pemdes mengambil kebijakan agar Musdes bisa berjalan lancar dan bisa menjaga jarak 1.5 meter dikarenakan masih didalam masa pandemi Covid-19.

Dalam Acara tersebut hadir, Kasi PMD, Babinsa, Ketua BPD beserta Anggotanya, tokoh masarakat, tokoh agama, dan Perangkat Desa, Kepala Dusun 1 sampai 6, serta pihak lainnya.

Pada kegiatan tersebut Pemdes lakukan pembahasan terkait perubahan APBDes, perubahan tersebut merupakan ikhtiar dalam penanganan wabah Covid 19 sekaligus mendorong program kerja pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa (DD), tahap yang ke II.

Usman Heri S.Sos, Kepala Desa Pungguk Lalang mengatakan bahwa terjadinya Perubahan APBDes ini karena adanya Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang mewabah saat ini di desa kita dan di desa yang lain.

Musdes Khusus APBDes Perubahan tahun 2020 dilakukan dalam rangka menindaklajuti Permendesa dimana didalamnya, desa diharuskan untuk melakukan rekofusing anggaran untuk BLT Dana Desa (DD) 2020 bisa kita data untuk tambahan yang tahap ke II,” terang Usman Heri.

Untuk mengatasi dampak ekonomi yang dialami masyarakat desa kita saat ini mari kita bersatu padu bergotong-royong dan saling membahu bagaimana cara kita menghadapi pendemi ini akibat wabah Covid-19,” ungkap Kades.

Pemerintah Desa akan membagikan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa, Dana Bantuan Langsung Tunai Desa atau BLT-DD, kami menyiapkan sebesar  45.000.000 dari 50 kepala keluarga (KK)x 300.000 perbulan selama 3 bulan dan alat  Cuci Tangan 600X 35.000 =21.000.000 dan Masker 7000×5000=35000.000 dan satu lagi yakni dana Isolasi 65.000.000. Besaran Dana Desa yang akan kami musyawarahkan untuk perubahan APBDes ini yaitu berjumlah =661.000.000 Rupiah, dan kami pastikan  dengan mengalihkan beberapa kegiatan desa atau fisik di tahun 2020 ini,” pungkas Usman.

Ketua BPD desa Pungguk Lalang menyampaikan, “BLT-DD ini akan menyasar warga miskin yang tidak tercatat sebagai Penerima bantuan PKH dan BPNT. Tentunya mereka yang lolos verifikasi dan terdata oleh Relawan Desa yang melakukan pendataan sebelumnya.”

Besaran dana BLT ini berjumlah Rp.300.000 per Kepala keluarga (KK), akan disalurkan selama 3 bulan. Pemerintah Desa pungguk lalang menganggarkan Rp 45.000.000.untuk BLT Dana Desa (DD),Tahap yang ke II. Adapun yang mendapatkan Bantuan BLT Dana Desa di desa Pungguk Lalang 105 kepala keluarga, sudah jelas kita Cuplis ke Yang benar-enar membutuhkan ” jelas ketua BPD. (RIO)

About adminSNN

Check Also

Penuh Kekompakan Personel Kodim 0409/RL Bersama Warga Desa Siap Sukseskan TMMD

LEBONG, SNN – Dengan kompak dan penuh semangat para personel Kodim 0409/RL yang bertugas pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *