Rabu , 14 November 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Berita / Tekno / 20 Tahun Google, Banyak Perubahan Dalam Sejarahnya

20 Tahun Google, Banyak Perubahan Dalam Sejarahnya

TECHNOLOGY, SNN – 20 Tahun ulang Tahun Google. Perusahaan menandainya dengan Google Doodle yang menjangkau seluruh dunia. Banyak perubahan demi perubahan Google di 20 tahun ini.

Google Doodle tahun ini menampilkan balon berbentuk huruf yang melekat pada kotak hadiah. Tayangan itu dipaparkan dalam bentuk video yang diarahkan ke platform YouTube.

Beberapa kata kunci pencarian dimainkan dalam beberapa bahasa. Kata kunci itu yang menjadi pencarian paling populer sepanjang perjalanan Google, dua dekade ini.

Di antaranya, ‘Y2K’, ‘apakah Pluto masih dianggap sebagai planet?’, ‘Apakah ini tahun kabisat?’, ‘Bagaimana cara memasang dasi?’, ‘Royal Wedding’, ‘roti panggang alpukat’, ‘Apa itu selfie’, dan lainnya.

Di akhir doodle, Google mengucapkan terima kasih secara internasional dalam berbagai bahasa.

Mesin pencari Google dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin mahasiswa Ph.D. di Stanford, AS, dengan misi mengatur informasi dunia, membuatnya dapat diakses, serta memberi manfaat universal. Sejak tahun 1996, dua sahabat ini merancang dan mengembangkan Google hanya dari sebuah kamar asrama.

Baca Juga Berita Seputar Technology Lainnya

Pada Agustus 1998 menjadi titik cerah bagi keduanya. Pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim memberi kucuran dana sebesar 100.000 dollar AS sebagai investasi awal untuk Google. Dengan dana ini, pada 4 September 1998 Google secara resmi didaftarkan sebagai perusahaan.

Investasi membuat perusahaan yang baru berdiri itu berpindah “kantor” dari yang mulanya di kamar asrama ke sebuah garasi di daerah Menlo Park, California. Garasi ini adalah milik Susan Wojcicki yang tak lain adalah CEO YouTube sejak 2014 lalu.

Pada awal tahun 2000-an Google tumbuh dengan semakin pesat dan akhirnya menetap di kantor pusat baru di kawasan Mountain View, California pada tahun 2003.

Dirangkum dari DailyMail, di tahun berikutnya Google secara resmi melantai di bursa saham NASDAQ pada Agustus 2004. Meski Google pertama kali terdaftar sebagai perusahaan pada tanggal 4 September 1998, sejatinya tak ada yang benar-benar yakin soal kapan tanggal lahirnya Google yang tepat.

Google pun beberapa kali mengubah tanggal perayaan ulang tahun sejak pertama kali didaftarkan sebagai perusahaan dua dekade silam.

Pada 8 September 2003, Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-5. Namun pada tahun 2004, tanggal perayaan ulang tahun diubah dan dirayakan pada tanggal 7 September.

Kemudian pada tahun 2005, Google kembali mengubah hari ulang tahunnya. Kala itu mereka merayakan ulang tahun pada tanggal 26 September. Barulah di tahun 2006, raksasa mesin pencari ini merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 27 September.

Namun bila melihat dari perspektif perusahaan, maka tanggal 4 September bisa jadi merupakan hari kelahiran Google yang paling masuk akal. Pasalnya pada tanggal inilah Google pertama kali resmi berdiri menjadi sebuah perusahaan.

Walau demikian, jangan dilupakan bahwa Google telah dirintis sejak 1996 silam di mana mesin pencari ini didirikan sebagai proyek riset di Stanford University. Larry Page dan Sergey Brin mendaftarkan alamat “Google.com” sejak 15 September 1997.

Meskipun banyak yang berubah dari tahun ke tahun, termasuk kini menawarkan kolom ‘Cari’ lebih dari 150 bahasa dan lebih dari 190 negara, Google masih mendedikasikan diri untuk terus berkembang.

Kabarnya, perusahaan kini berfokus pada penggabungan AI dan pengoptimalan visual lainnya. Termasuk salah satunya, peluncuran Google Lens belum lama ini.

DARI BERBAGAI SUMBER

About adminSNN

Check Also

Tidak Terima PUK-SPAI-FSPMI Karyawan Perusahaan Ancam Mogok

BENGKULU UTARA, SNN – Perusahaan Terbatas (PT) Sawit Mulya Menolak Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *