Kamis , 5 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Usai Salurkan BLT-DD Tahap I Pemdes  Bangun Jaya Laksanakan Titik Nol

Usai Salurkan BLT-DD Tahap I Pemdes  Bangun Jaya Laksanakan Titik Nol

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com Pemerintah Desa (Pemdes) Bangun Jaya Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sekitar pukul 09.40 WIB menyalurkan Bantuan Sosial Bantun Langsung Tunai (BLT) Dana Desa anggaran tahun 2021 kepada KPM, berlangsung di Kantor Desa setempat, Sabtu (10/04).

Penyaluran BLT –DD Tahun 2021Tahap I  selesai disosialisasikan dengan sumber dana dari Dana Desa (DD) tahun 2021, penerima bantuan BLT-DD berjumlah 43 KK dengan jumlah dana sebesar Rp.12.900000.Sabtu 10 April 2021.

Sebelum Dana Bantuan Sosial Langsung tunai dibagikan kepada warga Kepala Desa Bangun Jaya mengingatkan kepada warganya, bahwa bantuan ini merupakan bantuan pandemi wabah Covid-19,ini sebagai kepedulian pemerintah untuk membantu warga dalam kondisi wabah Corona.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Yuhanis, Kasi Umum kecamatan Bpk Subandrio. SP, Babinsa Harlensyah, Bhabinkamtibmas Wawan. S, PD Andrico, PLD Reki Ardiansyah, Ketua BPD A. Mulyadi, Sekretaris Desa Rolly Yanda, Kaur Keuangan Leni Marlina, Kasi Kesejahteraan Hendri Jaya, Kadus 1, 2 dan 3 serta perangkat desa lainnya.

Kepala Desa Bangun Jaya Yuhanis mengatakan dalam menyalurkan Bantuan Sosial Berupa Bantuan Langsung Tunai seperti yang diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan melalui anggaran Dana Desa antara 20-30 persen dari nilai Dana Desa dengan nilai bantuan Rp 300rb/ bulan setiap KK selama 12 bulan.

Di masa pandemi wabah Covid-19 dan semoga bantuan langsung tunai ini bisa bermanfaat bagi masyarakat semua,dan dana BLT ini direncanakan akan diperpanjang selama 12 bulan dengan nilai Rp 300.000 tidak seperti BLT sebelumnya,” terang Kepala Desa.

Yuhanis menambahkan, dana bantuan sosial BLT Dana Desa merupakan hak kewajibanya warga yang mendapatkan, yang sudah sesuai dengan prosedur. Tapi kewajibannya sebagai warga juga harus mengikuti aturan pemerintah, seperti ada gotong royong dan kegiatan lainnya.

Terima kasih kepada pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Bengkulu  dan Pemerintah Daerah Rejang Lebong , yang sudah membantu warga kami di Desa Bangun Jaya  dalam pandemi covid-19. Bantuan Sosial baik langsung Tunai dan Berupa Sembako,” ucap Yuhanis.

Beliau juga mengatakan, “tahun ini Desa Bangun Jaya melakukan beberapa pembangunan yang menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 ia juga menghimbau kepada masyarakat bersama lakukan pengawasan agar pembangunan dapat berjalan lancar sesuai perencanaan sehingga  mendapatkan hasil yang bagus dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat desa bangun Jaya,” terang Kades Yuhanis.

Selanjutnya Kasi Umum  Subandrio menyampikan, “kegiatan penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, bahwa kami dari pihak kecamatan telah memverifikasi Desa Bangun Jaya karena di desa ini jumlah Kepala Keluarganya cukup. Pembagian dana BLT tahap pertama, setelah di verifikasi kembali melalui Kadus dan libatkan masyarakat maka pembagian BLT tahap 1 ini ada 43 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelasnya.

Terpisah dari acara penyaluran BLT-DD Tahap I Tahun 2021 Desa Bangun Jaya dalam   penanggulangan dampak social akibat wabah Covid-19, Pemdes Desa Bangun Jaya sesuai schedule langsung membuka acara titik nol pembangunan Fisik untuk Dana Desa Tahun 2021.

Titik Nol kegiatan pemanfaatan Dana Desa TA  2021 meliputi antara lain:

1. Pembangunan Jalan Lapen sepanjang 538 Meter kali  Lebar 2,5 meter yang berlokasi di Dusun 2.

2.  Pembangunan Buka Badan Jalan Baru Volume =400×5 meter yang berlokasi di dusun 2

3. Pembangunan Telford atau pengerasan dengan volume 800×2,5 meter.

Melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 Desa Bangun Jaya Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan titik nol tanda di mulainya pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa tahun anggaran 2021. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Bupati Ajak Masyarakat Dukung Kue Tat dan Tari Andun

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Kue Tat, makanan tradisional asal Kabupaten Bengkulu Selatan. Masuk dalam urutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *