Senin , 27 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Sosialisasi Penanganan COVID-19 Bagi Relawan Desa Pal 100 Aman COVID-19

Sosialisasi Penanganan COVID-19 Bagi Relawan Desa Pal 100 Aman COVID-19

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Ketua BPD Dioba Gite, membuka acara Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Posko Covid-19 Desa Pal 100 Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (24/08).

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid – 19) ini disampaikan oleh Ibuk Diana dan Ibuk Ferry dari Tenaga Ahli P3MD Kabupaten.

Dalam Penjelasannya yang disampaikan oleh narasumber bahwa, “virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012.”

Kata Corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota dan nama ini diberikan karena bentuk virus Corona menyerupai mahkota, sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari Corona virus disease 19.

Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:

– Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius

– Batuk kering

– Lemas

– Sakit tenggorokan

– Sesak atau kesulitan bernapas

– Sakit kepala

Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya. Jika Anda memiliki gejala seperti yang tercantum di atas dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda.

Virus corona bersifat zoonotik, ini berarti virus pertama kali berkembang di hewan sebelum akhirnya menyerang manusia. Ketika sudah menginfeksi manusia, penyebaran virus corona dapat melalui droplet pernapasan.

Percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi virus corona akan menempel di permukaan benda atau kulit manusia, sehingga virus akan berpindah ketika manusia menyentuh benda atau melakukan kontak fisik dengan manusia lainnya.

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, Anda dapat melakukan hal-hal berikut, yaitu:

– Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

– Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum Anda membersihkan tangan.

– Jangan keluar rumah jika Anda merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu.

– Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain.

– Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan tisu, segera buang tisu Anda.

– Bersihkan barang-barang yang sering Anda gunakan dengan disinfektan, seperti gawai atau handphone, laptop, meja, dan lainnya.

– Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh Anda.

– Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat untuk menyembuhkan Virus Corona.

Para peneliti dari berbagai belahan dunia masih berinovasi dan ujicoba menemukan vaksin atau obat yang tepat.

“Jadi selalu waspada dan jaga pola hidup sehat dan perhatikan interaksi, kepada Pemdes Pal 100 sekali lagi kami harap dapat mengedepankan aspek- aspek dan mensosialisasikan kepada masyarakat setempat,” jelas Diana /Ferry.

Kepala desa Ahmad Zakaria menyampaikan, “kepada seluruh Pemdes dan seluruh masyarakat agar tetap mematuhi Prokes yang ada, dan kepada seluruh relawan gugus Covid-19 desa Pal 100 agar selalu menjaga posko-posko Covid-19 di desa dan memantau seluruh masyarakat yang ada di desa pal 100,” sampai Kades Ahmad Zakaria.

Di kesempatan yang sama Suko Basuki Wibowo selaku Camat Bermani Ulu Raya (BUR) mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Pal 100 yang mana telah menyediakan posko Covid-19 di desa Pal 100, “sekali lagi saya himbaukan kepada seluruh masyarakat agar tetap ingat 5M, dan kepada pemdes agar mensosialisasikan kepada masyarakat agar suntik vaksin, yang mana pembiayaan masalah dana covid ini kami harap kepada Pemdes Pal 100 menganggarkan untuk masyarakat yang isoman dan lengkap administrasinya,” tutur Camat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Bermani Ulu Raya (BUR) Suko Basuki Wibowo, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Diana/Ferry, Kepala Desa Ahmad Zakaria, Bhabinkamtibmas Suratno, Babinsa Redi Yuni. A, P3MD Andrico, dari Puskesmas Herik Yantoni, Ketua BPD Dioba Gite, Sekdes Ridian Hartono, Kaur Keuangan Welli Anggraini, Kadus 1, 2 dan 3, serta perangkat desa yang lainnya. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

DPRD Kota Bengkulu Siap Awasi Pendistribusian Beras PKHD

Kota Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu melalui Wakil Ketua Komisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *