Kamis , 24 September 2020
Breaking News

Home / Internasional / 3 Negara Bagian Malaysia Diterjang Banjir

3 Negara Bagian Malaysia Diterjang Banjir

MALAYSIA, SNN – Tiga negara bagian di Malaysia, yakni Kelantan, Terengganu dan Pahang dilanda banjir. Satu orang meninggal dan ribuan warga mengungsi akibat tempat tinggal mereka terendam air.

Dilansir dari Channel NewsAsia, Kamis (19/12) kemarin, korban meninggal akibat banjir itu bernama Shaimee Ismail (52), yang ditemukan di wilayah Tanah Merah. Dia diduga tewas tenggelam akibat terseret arus banjir pada Rabu lalu.

Dari catatan Badan Tanggap Bencana Departemen Sosial Malaysia, sebanyak 1,894 penduduk dari 592 kepala keluarga di Distrik Jeli mengungsi ke 11 lokasi penampungan.

Di samping itu, korban banjir yang berhasil dievakuasi di Kuala Krai mencapai 231 orang, Machang 252 orang, dan Pasir Puteh mencapai 66 orang.

Sedangkan di Distrik Tanah Merah tercatat ada 1,132 orang dari 293 kepala keluarga mengungsi di 22 lokasi penampungan.

Ketinggian air di beberapa sungai besar di Kelantan, seperti Sungai Kelantan dan Sungai Golok, berada dalam level bahaya.

Tingginya curah hujan di wilayah Hulu Terengganu dan Distrik Dungun sejak Selasa malam lalu membuat sejumlah kawasan tergenang banjir. Menurut Kepala Badan Tanggap Bencana Terengganu, Letkol. Che Adam A Rahman, dilaporkan ada 88 warga yang diungsikan.

Lima sungai di Terengganu, yakni Sungai Berang di Menerong, Sungai Telemong di Kuala Ping, Sungai Nerus di Kampung Langkap, Sungai Setiu di Kampung Besut and Sungai Dungun di Kuala Jengai juga dalam status waspada karena ketinggian air terus meningkat.

Di negara bagian Pahang tercatat ada 1,073 orang yang dievakuasi akibat banjir. Sedangkan di Johor ada 2,600 orang yang mengungsi karena rumah mereka masih terendam.

Badan Meteorologi Malaysia menerbitkan peringatan cuaca diperkirakan masih memburuk untuk wilayah Kelantan, Terengganu dan Pahang.

 

SUMBER

About adminSNN

Check Also

Pengerjaan PAM Air Bersih desa Seguring Diduga Asal Jadi Dan tak Sesuai Bestek

REJANG LEBONG, SNN – Diduga pengerjaan PAM Air Bersih desa Seguring Kecamatan Curup Utara tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *