Sabtu , 11 Juli 2020
Breaking News
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / 9 KK Warga Padang Siring Akan Terima Bantuan Langsung Tunai (BLT)

9 KK Warga Padang Siring Akan Terima Bantuan Langsung Tunai (BLT)

BENGKULU SELATAN, SNN – Desa Padang Siring Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan gelar musyawarah desa validasi dan finalisasi calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) Selasa (02/06) di Balai Desa Padang Siring.

Musdes penatapan calon penerima BLT ini dipimpin langsung oleh Kades Padang Siring Aprizan, turut hadir unsur tripika dari Kecamatan, bhabinkamtibmas, babinsa, pendamping desa, perangkat desa, anggota BPD serta tokoh masyarakat dan para undangan calon penerima BLT. Agenda yang dibahas dalam Musdes ini verifikasi data calon penerima BLT yang masuk minimal 9 kriteria dari 14 kriteria yang harus dipenuhi. Maka untuk memastikan data yang memenuhi sharat harus di lakukan verifikasi secara detail agar benar-benar yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Kades Padang Siring Aprizan dalam sambutanya menegaskan, “pihak Pemdes tidak mau terjebak melanggar aturan, untuk penyaluran BLT, kami melakukan pendataan tetap berpegang pada aturan, PMK ataupun PMDes kalau untuk dibagi rata terus terang saja siapa yang mau bertanggung jawab karena penyaluran BLT ini ada aturanya karena saya sebagai pengguna anggaran tentu akan berhati-hati, kalau saja ada yang mau bertanggung jawab secara individu silahkan buat pertanggung jawaban secara hukum, kapan perlu disahkan notaris,” tegas Kades.

Kades juga dimenambahkan, “diakhir Musdes dan menetapkan calon penerima BLT Desa Padang Siring sesuai hasil Musdes yang disepakati keputusan Musdes 9 warga yang berhak untuk menerima bantau langsung tunai dari dana desa sesuai aturan PMK atau PMDes ini datanya warga yang sakit menahun ada 5 KK, data eror 1 KK, kategori miskin 3 KK kehilangan mata pencarian (PHK) kosong dengan hasil Musdes disahkan,” tutup Kades.

Terpisah pendamping desa Lin Aprianti, SE dalam sambutanya menjelaskan, “penyaluran BLT ini sudah ada aturannya jadi itulah dasar kita melakukan pendataan, sesuai aturan PMK no 50 tahun 2020, aturan lainnya yang kami jadikan acuan jadi tidak bisa untuk dibagi rata, karena siapa yang mau bertanggung jawab kemudian hari kalau ada pemeriksa tentu pengguna anggaran yaitu Kades dan perangkatnya, jadi saya berharap agar warga Padang Siring bisa mengerti dan bisa menerima dengan legewo, Musdes hari ini agar ada kesepakatan dan untuk proses selanjutnya bisa berjalan,” ujarnya.

Musdes Desa Padang Siring, “sebelumnya mengusulkan 76 KK calon penerima BLT, setelah dilakukan verifikasi di Musdes, hanya 9 KK yang memenuhi syarat 14 kriteria yang ditetapkan dan diputuskan yang langsung dibacakan Kades Padang Siring Aprizan yang dalam waktu dekat ini akan segera disalurkan, hasil Musdes akan dikirim ke pihak kecamatan dan paling lama lima hari akan ada jawaban dari kecamatan, baru proses pencairan semoga dengan disalurkannya dana bantuan langsung tunai dari dana desa, warga yang kena dampak Covid-19 bisa meringankan beban kebutuhan sehari-hari,” tutupnya. (ADV) Laporan Aslan Hasibuan.

About adminSNN

Check Also

Pemerintah Desa Air Bening Gelar Opname dan Sertifikasi Penggunaan DD dan ADD Tahap I Tahun 2020

REJANG LEBONG, SNN – Tak lupa panjat puji dan syukur Pemerintah Desa Air Bening Kecamatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *