Rabu , 21 Oktober 2020
Breaking News

Home / Daerah / Adanya Program TMMD, Masyarakat Bersyukur Akhirnya Akses Keluar Desa Lebih Mudah Dijangkau

Adanya Program TMMD, Masyarakat Bersyukur Akhirnya Akses Keluar Desa Lebih Mudah Dijangkau

LEBONG, SNN – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 yang berlokasi di Desa Sebelat Ulu-Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong, sangat banyak memberi perubahan positif di sektor pembangunan di Kabupaten Lebong.

Sesuai dengan tujuan awal bahwa TMMD ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan pihak TNI untuk mewujudkan pemerataan pembangunan khususnya di desa-desa terpencil yang jauh dari perkotaan.

Sebelum adanya kegiatan TMMD masyarakat sangat keluhkan masalah infrasturuktur jalan yang sangat sulit untuk di akses.

Menurut masyarakat yang tinggal di lokasi TMMD, sebelumnya Desa Sungai Lisai merupakan daerah yang wilayahnya berada di tengah hutan kawasan yang diberi izin sebagai pemukiman Zona Khusus dan berpenduduk asli jambi hingga sampai sekarang sudah menjadi dua suku yaitu Rejang dan Jambi Madras, sisi kehidupannya diatur dengan adat-istiadat yang sangat kuat dari kehidupan setempat giat bergotong royong dan erat ikatan kekeluargaan, serta mayoritas muslim.

Taat kepada aturan pemerintah yang mana mereka bercocok tanam dengan mengarap hutan yang tidak berpindah-pindah segi pendidikan,kesehatan dan akses jalan itulah yang utama mereka harapkan dari uluran tangan pemerintah sejak dulu, selain potensi alam yang indah juga hasil bumi juga melimpah, kaya akan bumi yang subur jumlah penduduk, dan geografis.

Berikut kondisi Desa Sungai Lisai ketika salah satu masyarakat yang sedang sakit dan ingin berobat ketika akses jalan belum dibuka sebelum kegiatan  TMMD.

Akhirnya setelah adanya kegiatan yang dilakukan oleh TNI dengan penuh syukur melalui program  TMMD masyarakat Sungai Lisai saat ini akhirnya bisa keluar desa dan melihat Pasar Muara Aman.

Masyarakat menyambut bahagia, akhirnya setelah sekian lama menunggu setelah adanya pembangunan jalan di desa mereka, masyarakat dapat lebih mudah jika ingin keluar desa apalagi jika di kondisi genting seperti jika ada yang sakit sekalipun dapat lebih mudah di bawa ke Rumah Sakit terdekat.

About adminSNN

Check Also

Penyerahan Hasil TMMD Ke 109 TA 2020, Sukses dan Produktif

REJANG LEBONG, SNN – Dengan menjalankan protokol kesehatan kegiatan penyerahan hasil TMMD ke 109 tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *