Jumat , 16 April 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Akhir Tahun 2020, Bunga Rafflesia Mekar di Kabupaten Lebong

Akhir Tahun 2020, Bunga Rafflesia Mekar di Kabupaten Lebong

Lebong| Bengkulu, www.sinarnusantaranews.com Pada Rabu (30/12) awak media sinarnusantaranews.com mendapatkan informasi bahwa ada bunga raflesia sedang mekar di Desa Tik Tebing, Kecamatan Lebong Atas, Kabupaten Lebong. Pada akhir Tahun 2020 sungguh membuat Lebong semakin memiliki sejarah karena mendapatkan temuan dengan tumbuhnya Bunga Terbesar di dunia yakni Rafflesia Arnoldi.

Alam menyatakan bahwa Lebong memiliki wilayah yang sebagian besar masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dengan kaya akan sumber daya alam dan terdapat berbagai jenis flora dan fauna.

Melalui Pesan Elektronik pemuda Lebong Edho karang Nio menjelaskan bahwa, “kami mendatangi lokasi kurang Lebih 700 meter dari koramil Lebong Atas ke arah Bengkulu utara,  kemudian masuk dan berjalan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi,” Jelasnya

Sesampainya dilokasi dengan Rombongan terbayarkan sudah kelelahan dalam perjalanan dengan melihat keindahan bunga rafflesia itu, terdapat beberapa bekas Yang sudah membusuk, kesimpulannua bahwa memang disini banyak bunga rafflesia Yang mekar cuman tidak pernah terekspose.

Bunga Raflesia tersebut tumbuh dengan tinggi 16 sentimeter dan lebar 42 sentimeter.

Edho juga berpendapat bahwa, “kedepannya kita harus mengadakan pemetaan daerah mana saja yang menjadi tempat tumbuhnya bunga endemik Provinsi Bengkulu ini, karena ini menurut saya adalah potensi Daya tarik untuk wisatawan ke Lebong,” ucapnya.

Sebagai informasi, bunga rafflesia adalah salah satu jenis bunga langka yang dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.

Dalam undang-undang itu disebutkan setiap orang dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati.

Berarti  banyak potensi alam di Lebong yang Harus dipelihara Baik di Luar kawasan TNKS maupun didalamnya. (MR)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Pembangunan Sarana Air Bersih dan Pemasangan Sistem Perpipaan Desa Air Mundu Diduga Banyak Kejanggalan

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantarnews.com – Di dalam upaya mensejahterakan masyarakat kerap kali terjadi penyimpangan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *