Senin , 19 November 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Nasional / Anggaran Hutang BPJS Kesehatan Semakin Melambung

Anggaran Hutang BPJS Kesehatan Semakin Melambung

SNN, – Pertengahan tahun ini masalah defisit BPSJ Kesehatan kembali mengemuka seperti tahun sejak beroperasinya pada 1 Januari 2014 lalu. Angkanya melambung seiring terus bertambahnya peserta BPJS tiap tahun.

Pemerintah mengambil tindak tegas untuk membereskannya, pemerintah selalu memakai solusi jangka pendek lewat mekanisme pencairan dana talangan, bersumber dari salah satu pos anggaran pendapatan dan belanja negara.

Iqbal Anas Ma’ruf, kepala humas BPJS Kesehatan, menjelaskan bahwa secepatnya dana itu bisa disalurkan ke rumah sakit-rumah sakit mitra, paling lambat lima hari setelah ditransfer ke rekening BPJS Kesehatan.

“Saat ini sedang proses untuk didistribusikan kepada fasilitas kesehatan,” kata Iqbal. 

Nilai dana cadangan ini sebesar Rp4,9 triliun, yang cair awal pekan ini. Digunakan sebagian buat menomboki utang biaya layanan kesehatan rumah sakit senilai Rp1 triliun dan menalangi utang obat serta alat kesehatan sebesar Rp3,5 triliun.

Meski demikian, dana talangan ini hanya cukup menambal utang BPJS Kesehatan sampai Juli 2018. Per September 2018, tunggakan BPJS Kesehatan yang harus dibayar sebesar Rp7,05 triliun. Diperkirakan, utang BPJS Kesehatan sampai akhir tahun mencapai Rp8,02 triliun.

Tunggakan anggaran BPJS Kesehatan memang sudah jadi problem sejak diterapkan pada tahun 2014 lalu.

Pada tahun itu defisit dana BPJS Kesehatan sebesar Rp3,3 triliun. Pada 2015, tunggakannya mencapai Rp5,7 triliun. Tahun berikutnya, utang BPJS Kesehatan sebesar Rp9,7 triliun. Pada tahun ini, rasio klaim terhadap premi adalah yang paling tinggi: 114 persen.

Dan ternyata dari hutang tahun ini, juga masih ada sisa utang tahun 2017 yang perlu dilunasi BPJS Kesehatan sebesar Rp4,4 triliun. Sebagaimana rumah tangga yang rungsing dikejar-kejar melunasi utang dari tahun ke tahun, BPJS Kesehatan harus gali lubang tutup lubang dan putar otak karena pada tahun ini timbunan utangnya ditaksir sekitar Rp12,4 triliun.

SUMBER

About adminSNN

Check Also

Kebakaran Yang Menghanguskan Rumah Dan Isinya

BENGKULU UTARA, SNN – Peristiwa kebakaran hebat terjadi, Subuh dinihari tadi yang menghanguskan sebuah rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *