Kamis , 24 September 2020
Breaking News

Home / Uncategorized / Bagaimana Hand Sanitizer Bekerja Terhadap Virus Covid-19 ?

Bagaimana Hand Sanitizer Bekerja Terhadap Virus Covid-19 ?

Ketika pandemi Covid-19 mengacam kehidupan manusia di penjuru dunia. Istilah Hand Sanitizer menjadi terkenal dan banyak dibicarakan dikalangan masyarakat. Hand Sanitizer memiliki peran penting untuk menghambat dan memperlambat penyebaran pandemi Covid-19.

Apa itu Hand Sanitizer  ?

Hand Sanitizer adalah cairan, gel, atau busa yang umumnya digunakan untuk mengurangi agen infeksi pada tangan atau biasa dikenal dengan istilah anti bakteri.

Bahan utama Hand Sinitizer ini adalah alkohol, biasanya etanol, isopropanol, atau N-propanol dan  bahan-bahan tambahan seperti air, wewangian atau bahan-bahan yang menjaga alkohol tersebut lambat menguap pada tangan kita.

Hand Sanitizer memiliki setidaknya 60% kandungan alkohol didalamnya yang dapat efektif atau setidaknya dapat melawan beberapa bakteri dan virus yang mungkin terdapat pada tangan kita.

Bagaimana Hand Sanitizer Bekerja ?

Ketika kita menggunakan Hand Sanitizer, maka Hand Sanitizer akan membunuh bakteri dan virus dengan proses yang disebut dengan denaturasi. Selama proses denaturasi terjadi, alkohol akan memecah dan menonaktifkan protein serta menghancurkan perisai yang melindungi bakteri atau virus tersebut. Proses ini akan lebih efektif ketika alkohol memiliki kandungan di atas 60%.

Seperti perumpamaan berikut “Ketika anda menggunakan mantel/jaket dihari yang dingin, dan tiba-tiba mantel/jaket tersebut hancur berkeping-keping, maka anda tidak akan terlindungi dari kedinginan. Seperti halnya ketika bakteri/virus bersentuhan dengan hand sanitizer.”

Jaket/mantel pada bakteri atau virus disebut dengan istilah “envelope”. Pada umumnya semua jenis bakteri memiliki envelope, sedangkan pada virus hanya beberapa yang memiliki envelope, yang disebut dengan enveloped viruses.  Adapun virus covid-19  termasuk golongan virus yang memiliki envelope (enveloped viruses).

Mengingat kondisi saat ini adanya pandemi covid-19 yang mengancam kehidupan manusia diseluruh dunia, penggunaan Hand Sanitizer akan sangat efektif dalam memproteksi kita dari resiko penularan wabah tersebut.

Dan himbauan penggunaan Hand Sanitizer di pusat keramaian/umum  merupakan usaha yang sangat tepat  untuk menghambat dan memperlambat penyebaran pandemi Covid-19. (Sumber : www.sciencing.com)

 

 

 

About adminSNN

Check Also

Pengerjaan PAM Air Bersih desa Seguring Diduga Asal Jadi Dan tak Sesuai Bestek

REJANG LEBONG, SNN – Diduga pengerjaan PAM Air Bersih desa Seguring Kecamatan Curup Utara tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *