Senin , 19 November 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / unggulan / Bahaya Gigitan Kelabang – Gejala, Komplikasi dan Penanganan

Bahaya Gigitan Kelabang – Gejala, Komplikasi dan Penanganan

Kelabang termasuk jenis hewan yang sangat ditakuti oleh semua orang. Kelabang bisa ditemukan di berbagai kondisi rumah baik rumah yang bersih atau kurang terawat. Kelabang akan berjalan dengan sangat cepat. Biasanya kelabang bisa dibasmi dengan beberapa cara termasuk dengan memukul dengan benda keras. Bagian yang paling menakutkan dari kelabang adalah gigitan yang sangat menyakitkan.

Racun Gigitan Kelabang

Kelabang tertentu yang termasuk dalam kelas chilopoda memang sangat berbahaya untuk manusia. Jenis kelabang ini bisa menyebarkan sebuah racun yang disebut dengan “venom”. Racun ini diproduksi pada bagian dasar taring kelabang. Bagian segmen tubuh kelabang yang pertama banyak mengandung venom. Ketika kelabang menggigit kulit manusia maka kelenjar racun dari kelabang akan menyemburkan racun melalui sebuah saluran bagian depan taring kelabang yang berbentuk seperti jarum. Racun kelabang biasanya memang tidak menyebabkan bahaya apapun untuk manusia, tapi yang paling ditakuti adalah ketika kelabang menggigit dan menyebabkan rasa sakit yang sangat parah.

Jenis kelabang lain yang menyebabkan racun adalah kelabang yang termasuk dalam kelas maxillipeds. Ciri khas dari kelabang ini memiliki bentuk kaki depan yang lebih melengkung di sekitar kepala dan ada rahang di bagian belakang. Cara kelabang menyemburkan racun pada dasarnya sama seperti jenis kelabang lainnya. Kelabang jenis ini sering tidak menyebabkan rasa sakit yang terlalu parah sehingga hampir mirip seperti gigitan tawon.

Apa Bahaya Gigitan Kelabang ?

Meskipun racun tidak menyebabkan masalah pada orang yang digigit , namun gigitan kelabang bisa menyebabkan trauma yang parah. Bahaya gigitan kelabang kecil belum bisa menembus kulit manusia karena taring yang masih sangat lemah. Namun taring yang besar pada kelabang besar bisa menyebabkan gigitan yang sangat sakit. Bahaya dari gigitan kelabang adalah rasa sakit nyeri yang parah dan sulit untuk diatasi. Nyeri karena gigitan kelabang bisa terjadi selama beberapa hari dan biasanya membuat orang yang digigit menjadi frustasi. Namun gigitan kelabang sama sekali tidak menyebabkan kematian mendadak meskipun bisa menderita beberapa jenis gejala keracunan.

Gejala

Rasa sakit yang parah biasanya terjadi untuk orang yang baru saja digigit kelabang. Selain itu, pada bagian bekas gigitan kelabang sering menjadi bengkak dan berwarna gelap. Gejala ringan atau rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh selama dua hari, namun jika kelabang yang menggigit terlalu besar maka rasa sakit bisa menjadi lebih lama. Beberapa gejala lain dari gigitan kelabang adalah:

Jika berbagai kondisi dan gejala ini terjadi maka perawatan secara medis diperlukan untuk mencegah reaksi yang lebih parah.

 

Cara Mengatasi Gigitan Kelabang

Ketika kelabang menggigit maka ada bagian jarum kecil yang ditusukan pada permukaan kulit. Tusukkan inilah yang menyebabkan rasa sakit parah saat terkena gigitan kelabang. Terlebih jika ukuran kelabang sudah besar, maka rasa sakit bisa menjadi lebih parah. Namun, jika kondisi ini terjadi maka bisa mengatasi reaksi sakit dengan cara:

  1. Bersihkan daerah bekas gigitan kelabang dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  2. Kompres dengan air panas atau air dingin pada bagian gigitan kelabang untuk mengurangi rasa sakit pada bekas gigitan kelabang.
  3. Gunakan obat-obatan anti nyeri apabila bekas gigitan kelabang menimbulkan nyeri yang sangat parah.
  4. Gunakan krim atau salep yang mengandung hidrokortison apabila bekas gigitan kelabang menyebabkan penyakit kulitgatal dan ruam.
  5. Jika ada infeksi dari bekas gigitan kelabang maka bisa menggunakan beberapa jenis antibiotikyang didapatkan dari dokter.
  6. Ruam atau jaringan kulit yang rusak pada biasanya bisa sembuh sendiri namun menjaga kebersihan daerah sekitar gigitan kelabang sangat diperlukan.
  7. Bahaya gigitan kelabang juga bisa menyebabkan tetanus sehingga jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin untuk mengatasi tetanus maka harus segera berkonsultasi ke dokter.

Komplikasi Gigitan Kelabang

Biasanya bekas gigitan kelabang akan menjadi bengkak dan ada rasa nyeri. Tapi rasa nyeri dan bengkak akan mudah hilang dalam beberapa jam setelah gigitan kelabang. Gejala infeksi dan gigitan kelabang bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Berikut ini adalah bahaya atau infeksi yang disebabkan karena bahaya gigitan kelabang.

 

Gangguan fungsi jantung – Gigitan kelabang yang menyebabkan infeksi bisa menjadi masalah untuk kesehatan jantung. Hal ini ditandai dengan jantung yang berdetak lebih kencang dan tidak teratur. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan detak jantung melambat dan masalah fungsi jantung. Jika kondisi terjadi secara terus menerus maka bantuan dokter sangat diperlukan.

Sakit kepala parah – Penyebab sakit kepala parah bisa terjadi karena luka telah menjadi infeksi untuk tubuh dan tubuh memberikan reaksi sakit kepala. Beberapa orang juga bisa mengalami sakit kepala parah hingga mual dan muntah.

Pembengkakan kelenjar getah bening – Pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan karena tubuh membentuk antibodi untuk mencegah racun kelabang agar tidak menimbulkan infeksi pada bagian tubuh lain. Tapi jika kondisi terus berlanjut dan terjadi lebih dari 24 jam maka segera cari bantuan dokter.

Tips Jika Terkena Gigitan Kelabang

Jika Anda secara tidak sengaja terkena gigitan kelabang maka Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini :

  • Segera cuci hingga bersih bagian yang terkena gigitan kelabang. Gunakan sabun dengan lembut dan jangan menggosok atau menekan pada daerah gigitan karena bisa menyebabkan infeksi.
  • Berikan es batu pada bagian yang terkena gigitan. Hal ini diperlukan untuk mencegah infeksi dan mengatasi kematian jaringan di sekitar gigitan menjadi lebih parah.
  • Hindari membungkus bagian kulit yang terkena gigitan kelabang. Jangan menutup luka dengan kain kasa atau bahan lain agar luka tetap terkena udara.
  • Konsumsi air putih yang banyak untuk mencegah dari berbagai gejala keracunan yang ditandai dengan demam, mual, muntah dan sakit kepala. Efek kekurangan air putihini bisa sangat fatal setelah terjadi gigitan kelabang.
  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C, untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah lemah setelah terkena gigitan kelabang.

Kelabang memang sering ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Cara untuk menghindari gigitan kelabang adalah dengan menjaga area rumah agar tidak dijadikan sarang kelabang. Hindari menumpuk kardus kosong di bagian sudut ruangan dan selalu periksa perabot rumah yang lembab dan bisa menjadi sarang kelabang.

 

SUMBER

 

About adminSNN

Check Also

Kebakaran Yang Menghanguskan Rumah Dan Isinya

BENGKULU UTARA, SNN – Peristiwa kebakaran hebat terjadi, Subuh dinihari tadi yang menghanguskan sebuah rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *