Selasa , 11 Agustus 2020
Breaking News
Slider

Home / unggulan / Bahaya Kecoa Bagi Manusia Dan Tips Cara Mengusir Kecoa

Bahaya Kecoa Bagi Manusia Dan Tips Cara Mengusir Kecoa

TIPS, SNN – Kecoa merupakan serangga dengan bentuk tubuh oval, pipih dorso-ventral. Kepalanya tersembunyi di bawah pronotum, dilengkapi dengan sepasang mata majemuk dan satu mata tunggal, antena panjang, sayap dua pasang, dan tiga pasang kaki. Pronotum dan sayap licin, tidak berambut dan tidak bersisik, berwarna coklat sampai coklat tua.

Di dunia terdapat kurang lebih 3.500 species kecoa, 4 (empat) spesies diantaranya umumnya terdapat di dalam rumah yaitu Periplaneta americana(American Cockroach), Blattela germanica (German Cockroach), Blattaorientalis (Oriental Cockroach), dan Supella langipalpa (Brown Banded Cockroach) ke empat species kecoa tersebut dari kapsul telur, nymfa dan dewasanya.

Pada umumnya kecoa suka tinggal didalam rumah-rumah makan segala macam bahan, mengotori makanan manusia, berbau tidak sedap. Kebanyakan kecoa dapat terbang, tetapi mereka tergolong pelari cepat (cursorial), dapat bergerak cepat, aktif pada malam hari, metamorfosa tidak lengkap, Kerusakan yang ditimbulkan oleh kecoa relatif sedikit, tetapi adanya kecoa menunjukkan bahwa sanitasi didalam rumah bersangkutan kurang baik.

Kecoa sering menimbulkan gangguan yang cukup serius, karena dapat merusak pakaian, buku-buku dan mencemari makanan. Kemungkinan dapat menularkan penyakit secara mekanik karena pernah ditemukan telur cacing, protozoa, virus dan jamur yang patogen pada tubuh kecoa.

Kecoa hidup di tempat yang tidak bersih. Hal ini menyebabkan kecoa dapat membawa beberapa penyakit ke lingkungan kita seperti infeksi salmonella bahkan diare. Kecoa juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang bahkan dapat juga menimbulkan asma. Zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi dari kecoa adalah air liur, tubuh, dan kotorannya. Jika seseorang yang memang alergi terhadap kecoa bersinggungan langsung, maka gejala alergi akan muncul.

Gejala yang muncul dapat bervariasi seperti:

  • Gatal-gatal pada kulit yang disertai dengan kemerahan
  • Gatal pada mata dan hidung
  • Gatal pada tenggorokan
  • Reaksi asma

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis imunologi dan alergi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan tes alergi untuk mengetahui unsur-unsur apa saja yang bisa menyebabkan reaksi alergi di tubuh Anda. Dokter akan meresepkan obat anti alergi dan obat oles untuk mengobati keluhan yang Anda derita.

Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:

Hindari menggaruk area yang gatal karena dapat menyebabkan infeksi sekunder

Kompres dengan handuk dingin untuk mengurangi rasa gatal

Konsumsi obat antihistamin seperti CTM untuk mengurangi rasa gatal yang Anda alami

Menjaga kebersihan rumah

Sapu dan pel lantai rumah Anda secara berkala

Langsung mencuci piring dan gelas kotor setelah selesai digunakan agar tidak mengundang kedatangan kecoa.

Anda bisa melakukan cara – cara berikut untuk mengusir kecoa :

  • Mengusir Kecoa dengan Aroma Bahan Alami

Anda bisa menggunakan berbagai macam aroma bahan-bahan alami, seperti daun salam, bubuk kopi segar, sampai minyak essensial seperti kayu putih. Ketiga bahan tersebut ampuh untuk mengusir keccoa dari rumah anda.

Jika Anda ingin menggunakan kopi sabagai cara mengusir kecoa, maka Anda bisa menaburkan bubuk kopi di sejumlah ruangan yang sering didatangi kecoa. Kopi disini adalah kopi bubuk yang masih murni, bukan yang sudah dicampur dengan susu, gula ataupun krimmer.

  • Buat Perangkap Kecoa dengan Potongan Mentimun

Mentimun juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa dari rumah, bahkan juga bisa jadi salah satu cara mengusir kecoa dari mobil. Mentimun mengandung bahan mematikan untuk hewan kecil ini, terutama mentimun yang masih segar.

Anda cukup menyediakan sejumlah kaleng bekas sebagai perangkap. Lalu taruh potongan mentimun di dalamnya. Aroma mentimun akan menarik kecoa untuk masuk ke dalam kaleng.

  • Perasan Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang memiliki kandungan anti bakteri dapat digunakan sebagai cara membasmi kecoa dari rumah. Caranya cukup dengan mencapurkan air perasan lemon ke dalam air. Lalu airnya yang telah dicampur perasan lemon tersebut gunakan untuk mengepel lantai.

  • Larutan Sabun Cuci dan Air untuk Membunuh Kecoa

Larutan sabun mandi dan air ampuh untuk membunuh kecoa. Campuran sabun mandi dengan air ini merupakan cara sederhana dan aman untuk membasmi kecoa. Berbeda dengan insektisida yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Anda cukup menyampurkan sabun cuci ke dalam air dan buatlah hingga benar-benar encer. Setelah itu masukkan ke dalam botol semprotan. Anda bisa menggunakan botol semprot bekas parfum yang sudah tidak digunakan lagi. Dan anda tinggal menyemprotkan larutan tersebut ke tempat-tempat yang biasa dilalui oleh kecoa.

  • Gunakan Kapur Barus

Tentu Anda pernah menggunakan kapur barus untuk mengusir kecoa. Kapur barus memang ampuh baik sebagai cara mengusir kecoa di dapur maupun tempat-tempat lainnya di dalam rumah.

 

SUMBER

 

About adminSNN

Check Also

DPR RI Apresiasi Kinerja Pemda Bengkulu Selatan Dalam Penanganan Covid-19

BENGKULU SELATAN, SNN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil Provinsi Bengkulu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *