Selasa , 24 November 2020
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Bawaslu Lebong Kembali Gelar Sosialisasi Demi Sukseskan Pilkada

Bawaslu Lebong Kembali Gelar Sosialisasi Demi Sukseskan Pilkada

LEBONG| BENGKULU, sinarnusantaranews.com  Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lebong, melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilihan dengan tema “Peran Organisasi Masyarakat dan Pemuda dalam Pengawasan Pemilihan” pada Pilkada 2020 di Kabupaten Lebong, di Hotel Asri, Kamis (12/11).

Sosialisasi pengawasan Pemilihan tersebut, Bawaslu Kabupaten Lebong melibatkan Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, dan Toko Agama untuk memperluas jangkauan pengawasan partisipatif pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Lebong.

Acara dibuka langsung Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto didampingi Ketua Divisi-Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Sabdi Destian.

Dalam sambuatnya Jefriyanto, SP, “masyarakat mempunyai peran yang sangat besar dalam menentukan kesuksesan Pilkada. Bersama dengan masyarakat berada dalam barisan paling depan dalam mengawal proses pelaksaaan Pilkada. Asas dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, harus mendorong semangat masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan Pilkada,” tuturnya.

Selanjutnya, “ada beberapa alasan yang menyebabkan masyarakat harus turut aktif melakukan pengawasan Pilkada. Pertama, jumlah pengawas Pemilihan yang terbatas dalam satu wilayah. Kedua, tanggung jawab Pilkada secara substansial menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat. Ketiga, Pilkada adalah proses memilih calon kepala daerah yang hasilnya ditentukan oleh masyarakat sebagai pemilih. Masyarakat harus memastikan, calon pemimpinnya menggunakan cara-cara yang bersih dan jujur dalam meraih kemenangan,” Jelas Jefriyanto.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, “kami berharap melalui sosialisasi yang terdiri dari ormas dan organisasi kepemudaan, seluruh peserta bisa menindaklanjuti progam Bawaslu untuk  mensosialisasikan pengawasan pemilihan di masing-masing komunitas atau organisasinya masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Sabdi Destian berharap, masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengawasi tahapan Pilkada di Kabupaten Lebong Tahun 2020. “Dengan adanya Partisipasi masyarakat, tujuan kita menciptakan demokrasi yang bisa mewujudkan harapan dan keinginan Masyarakat Lebong,” pungkasnya saat memberikan materi.

Sosialisasi Pengawasan Pemilihan “Peran Organisasi Masyarakat dan Pemuda”  dalam Pengawasan Pemilihan Tahun 2020 tersebut, Nasumbernya selain dari Bawaslu Kabupaten Lebong juga menghadirkan Nasumber dari KPU Kabupaten Lebong, Kepolisian Resor Lebong, dan Kejari Lebong. (YNS)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Legislatif dan Eksekutif Sumsel Sepakati KUA dan PPAS TA 2021

PALEMBANG, sinarnusantaranews.com – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H.Herman Deru menghadiri secara langsung Rapat Paripurna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *