Kamis , 14 November 2019
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / Bentuk Tim Khusus, Waspada AGHT

Bentuk Tim Khusus, Waspada AGHT

BENGKULU SELATAN,SNN – Dalam rangka mBengkulueningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) menuju Bengkulu Selatan elok, maju, aman dan sejahtera (EMAS). Pemkab Bengkulu Selatan menggelar Sosialisasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini di Daerah di Gedung Pemuda Manna, Selasa (27/8/2019)

Ada beberapa konflik sosial yang mengganggu keamanan dan ketertiban ancaman terhadap negara saat ini. Maka dari itu dari kegiatan ini kami sampaikan khususnya kepada para tokoh masyarakat serta para pejabat di instansi terkait untuk mendeteksi dini potensi ancaman dari AGHT,” kata Bupati kepada wartawan usai menghadiri kegiatan tersebut.

Menurutnya, mendeteksi sejak dini potensi ancaman merupakan cara terbaik menghindari terjadinya konflik. Khususnya yang berpotensi dengan potensi sosial.

Untuk itu kami minta jika terdeteksi kegiatan atau oknum yang mencurigakan yang diketahui oleh masyarakat berpotensi menimbulkan konflik agar segera melapor ke pihak – pihak penegak hukum untuk segera dicegah sebelum terjadi konflik,” harap Bupati.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Bengkulu Selatan, Sakimin SP.t menyampaikan kebijakan Kementrian Dalam Negeri Terkait Permendagri no 2 Tahun 2018 tugas kepala Pemerintah Daerah adalah menjaga keamanan dan Kesejahteraan Masyarakat.
Mengambil tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh Daerah dan/atau masyarakat,”katanya.

Sambung dia, tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh daerah atau masyarakat yang terkait dengan urusan Pemerintahan Umum dilakukan oleh Kepala Daerah setelah dibahas dalam Forkopimda.

Ditambahkannya, Kesbangpol adalah instansi yang membantu Kepala Daerah Dalam melaksanakan tugasnya yang berdasarkan Undang-undang No.23 Tahun 2014 tentang memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Peran Strategis Kesbangpol dalam membantu Kepala Daerah dalam rangka mengantisipasi ATHG adalah peringatan dini, deteksi dini dan cegah dini, Kesbangpol selaku mata dan telinga untuk mendukung tugas kepala daerah dalam memelihara Kamtibmas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Bengkulu Selatan, Kompol Sugeng HP SH,Dandim 0408 BS-Kaur, Letkol Arm. Hemansyah, Waka II DPRD BS, Susman Hadi serta tamu undangan dari kepala OPD, Camat, Danramil, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta OKP dan Ormas di Bengkulu Selatan.

Pewarta : Aslan Hasibuan

Editor : Asri

About adminSNN

Check Also

100 UMKM Bengkulu Dapat Pelatihan Manajemen Wirausaha Dari CSR BRI Peduli

BENGKULU, SNN – Sebanyak 100 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Provinsi Bengkulu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *