Sabtu , 19 September 2020
Breaking News

Home / Daerah / Berikut Hasil Monev Desa Mangkurajo Dan Apa Saja Kelengkapan Administrasi Yang Harus Dilengkapi ?

Berikut Hasil Monev Desa Mangkurajo Dan Apa Saja Kelengkapan Administrasi Yang Harus Dilengkapi ?

LEBONG, SNN – Pihak Kecamatan Lebong Selatan hari ini Senin (24/08) laksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Desa Mangkurajo sekira pukul 09.00 Wib.

Kegiatan ini dilakukan berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Dana Desa dan anggaran Dana Desa tahap 1 (40%) tahun 2020 dengan catatan temuan-temuan lapangan selama Monev tersebut disajikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Dari pantauan awak media Monev tersebut dihadiri oleh Camat Lebong Selatan Fendi SE, Hanibal Adhari SE, Maryono SE, Melia Weni S.Sos, Pendamping Kecamatan Febri Nanik, PLD Iin Sumirat, Bhabinkamtibmas Hendra Yanto, Babinsa Irawansyah, Kades Mangkurajo M Syaeri, Sekdes Ahmad Taufik, ka BPD Jumingan dan anggota, Kasi Pemerintah Suhendra, Kaur Umum Nahdizin, KTD M Arif, Kaur Kecamatan Budiono, Kaur/TPK Slamet, KSP Dahori, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta perangkat desa Mangkurajo.

Menurut keterangan pihak desa dalam hal ini diperuntukkan dana anggaran DD, antara lain :
1. Kegiatan penanggulangan bencana alam pembagian dana Covid-19, jumlah 35 KPM selama 3 bulan dan kegiatan telah terlaksana.
2. kegiatan pembuatan tembok penahan tanah (TPT) di dusun tiga, menurut keterangan dari desa dan TPK telah terlaksana.
3. Pemberian anggaran dana stimulan pelaksanaan program pembangunan/rehab RTLH (rumah tidak layak huni) untuk 11 unit rumah dengan anggaran stimulan yang diberikan berupa metrial bangunan menurut sekdes dan TPK, satu unit telah selesai dan dihuni, 10 unit lainnya masih dalam proses pembangunan dan menurut sekdes dan TPK pekerjaan fisik kurang lebih 30%.

Menurut TPK kegiatan pembangunan/rehab RTLH (Rumah tidak layak huni) untuk tahap 1 sebanyak 10 unit, tahap 2 satu sebanyak 1 unit.

Pada pelaksanaan program rehab RTLH berdasarkan temuan BPKP agar dilakukan pengecekan kembali atas kegiatan tersebut, karena diduga tidak sesuai prioritas penggunaan DD, berdasarkan Permendes No 7 tahun 2020, setelah dilakukan pengecekan menurut Sekdes kegiatan tersebut masuk sebagai prioritas dana desa, dan sesuai isi program unggulan Bupati Lebong menurut pihak desa hal ini telah dilaporkan ke BPKP.

Setelah cek lapangan tim monev dan pihak desa diketahui :
1. Kegiatan pembangunan TPT, telah dikerjakan dengan volume panjang 35 meter dengan secara visual progres kegiatan dinilai cukup.
2. Kegiatan RTLH (rumah tidak layak huni) masih dalam tahap pengerjaan.

Agar dapat menyelsaikan kegiatan sesuai RAB dan gambar dan sesuai hasil temuan/himbauan BPKP dan tim teknis. Diimbau kepada pihak desa untuk menyerahkan foto copy hasil Musdes, RKPDes, berita acara kegiatan penanggulangan bencana Covid-19 ke Kecamatan paling lambat 1 minggu terhitung hari ini Senin (24/08).

Diimbau kepada pihak desa untuk menyiapkan dokumen terkait penggunaan anggaran DD dan ADD, sebagai dasar pelaksanaan Monev tahap selanjutnya.

Kades Mangkurajo M Syaeri juga mengucapkan terima kasih, “adanya kegiatan ini dan himbau pada masyarakat pergunakanlah sebaik mungkin apa yang telah pemerintah berikan kepada kita,” demikian Kades. (MNHR)

 

About adminSNN

Check Also

Dalam Rangka Menyambut WDC (World Cleaning Day) Camat Selupu Rejang Adakan  Gotong Royong Di Pekan Kamis, Bersama Pihak Terkait

REJANG LEBONG, SNN – Jum’at (18/09) yang penuh berkah pihak Kecamatan Delupu Rejang bersama Dinas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *