Kamis , 5 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Bersama Bupati Rejang Lebong Panen Raya Bawang Merah “Varietas Lumbu Hijau”

Bersama Bupati Rejang Lebong Panen Raya Bawang Merah “Varietas Lumbu Hijau”

 

Foto Bupati Drs. Samsul Efendi MM bersama Porkompida Kabupaten Rejang Lebong di lokasi Panen Raya Bawang Merah

Rejang Lebong.sinarnusantaranews.com Walaupun masih dalam masa pandemi covid-19 namun dengan Protkes yang selalu diterapkan dan penuh haru serta akuntabilitas yang tinggi berbagai kegiatan selalu diupayakan demi masyakarat yang telah memberi amanah dipundaknya sehingga demi kemajuan daerah yang bermartabat serta sejahtera.

Hari ini Senin (08/03) bertempat di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Dinas Pertanian dan Perikanan menggelar kegiatan panen Raya bawang merah Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini dihadiri langsung  Bupati Rejang Lebong Drs. Syamsul Effendi MM, Asisten perekonomian dan pembangunan, Kadis PUPR PKP, Kadis ketahanan pangan, Kadis perindagkop, Kadis PMD, Kadis sosial, Kadis kominfo, kabappeda Camat sindang kelingi, Camat Sindang dataran, Camat Selupu Rejang, Kades Blitar seberang, dan warga masyarakat setempat.

Didalam kegiatan ini begitu positif dan antusias yang begitu besar ditunjukkan oleh masyarakat Porkompinda Kabupaten Rejang Lebong.

Dengan penyampaian yang begitu tepat dan singkat serta padat Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan Suherman memaparkan, bahwa kegiatan penanaman atau budidaya bawang merah ini merupakan salah satu dari pada kegiatan dan tugas pembantuan APBN tahun 2020 yang dialokasikan di Kabupaten Rejang Lebong.

Luas lahan penanaman atau budidaya bawang merah ini seluas 15 hektar dan ini kita uji potensi di seluruh Kabupaten Rejang Lebong dan yang kita sebar serta kita anggap paling berpotensi yaitu di Sindang kelingi dan Kecamatan Selupu Rejang. Setiap kelompok mendapat 1,5 Hektar dan dibagi menjadi 10 Kelompok kemudian selanjutnya berdasarkan yang sudah  panen itu bisa mencapai 1 berbanding 10 biasanya,” jelasnya.

Lanjutnya, “dibawah kepemimpinan bapak  Bupati Drs. Samsul Effendi MM dan wakil bupati Hendra Wahyudiansyah menaruh perhatian besar terhadap pembangunan pertanian pengembangan kegiatan budidaya bawang merah dan ini juga salah satu Program Unggulan dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati  untuk menstabilkan harga dengan penganekaragaman tanaman untuk mencegah panen raya satu jenis dan Untuk budidaya tanaman kentang yang di Kecamatan Bermani Ulu sendiri telah ada  kontrak dengan pihak Indofood,” tuturnya.

Bupati Rejang Lebong, Drs. Samsul  Effendi MM dalam sambutannya menuturkan, “terima kasih banyak atas pelaksanaan kegiatan pada  hari ini dan  kita sampaikan apresiasi dan rasa hormat kita kepada pak Hijazi bagaimanapun ini masih  program beliau, pemerintah juga menyarankan kepada masyarakat supaya komonitas ini terus digalakkan dan diupayakan kalau serta dapat diutamakan  dari tempat kita bisa ekspor keluar bahkan kepasran internasional,” jelas Bupati.

Didaerah Jawa khusus Brebes Jawa Tengah, Petani hampir 40% masyarakatnya bertani bawang merah mereka bisa memberikan kontribusi kepada negara itu di angka 18% lebih, dan 57% untuk Jawa Tengah artinya sangat signifikan, “ketika Rejang Lebong melakukan hal yang sama, sesuai dengan Program SAHE, paling tidak kita ikut menstabilkan harga hasil petani kita di Rejang Lebong ini,” harapnya.

Dalam penyampaian Kades Belitar Seberang Kasiyadi mengucapkan, “terima kasih kepada Bupati beserta unsur Pemerintah Rejang Lebong yang telah memberi bantuan Bibit komoditi Bawang Merah dan yang telah membantu petani di daerah ini dan besar harapan ini tetap berkesinambungan sehingga bisa memberi kontribusi kepada pemeritahan Kabupaten Rejang Lebong dan tercipta kesejatraan di desa kami ini,” ucapnya dengan nada penuh harapan. (ADV/Rio)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Bupati Ajak Masyarakat Dukung Kue Tat dan Tari Andun

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Kue Tat, makanan tradisional asal Kabupaten Bengkulu Selatan. Masuk dalam urutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *