Kamis , 22 Oktober 2020
Breaking News

Home / Daerah / BLT-DD Tahap III Dibagikan Pemdes Karang Anyar Kepada 50 KPM Secara Langsung dan Transparan

BLT-DD Tahap III Dibagikan Pemdes Karang Anyar Kepada 50 KPM Secara Langsung dan Transparan

LEBONG, SNN – Dalam program yang dicanangkan melalui peraturan PDTT Nomor 11 tahun 2019 diubah menjadi PDTT No 8 tahun 2020, hari ini Selasa (28/07) sebanyak 50 KK warga Desa Karang Anyar Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, menerima secara langsung dan transparan, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2020 tahap ke lll. yang disalurkan melalui Pemerintah Desa (Pemdes).

Didalam kegiatan pembagian ini dihadiri langsung oleh Kepala Kecamatan Lebong Tengah Sugiarto, SH, Kapolsek Lebong Tengah IPTU Kuat Santosa, SH, Pendamping Kecamatan Indra Jaya, Babinsa Pelda Darlis, Bhabinkamtibmas Agus F, Kepala Desa Muktarezi, perangkat desa Karang Anyar, tentunya warga penerima bantuan manpaat BLT DD Serta undangan lainya.

Dari hasil musyawarah bersama unsur pemerintah Desa dan anggota BPD maka ditetapkan penerima Bansos BLT DD untuk masyarakat berpedoman pada peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah, yakni keluarga miskin di desa yang kehilangan mata pencarian atau pekerjaan dan juga bagi anggota keluarganya yang mengidap penyakit menahun atau kronis/stroke, yang belum terdata di dalam penerima program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non Tunai (BPNT) lainnya.

Kepala Kecamatan Lebong Tengah Sugiarto, SH, dalam sambutannya mengimbau kepada 50 KPM, “agar tetap jaga kesehatan ikuti himbauan pemerintah ikuti protokol kesehatan, lebih baik mencegah dari pada mengobati apa lagi saat sekarang masih maraknya merambahnya pandemik Covid-19 juga saya dari pihak kecamatan berpesan kepada masyarakat penerima manfaat bantuan BLT DD agar bagi yang menerimanya. Supaya bantuan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Jangan sampai bantuan ini dipamer-pamerkan agar tidak membuat kegaduhan bagi warga yang tidak mendapat BLT DD ini, sebab warga lainnya menurut pendataan warga lainya bukan tidak tersentuh bantuan BLT DD namun mereka sudah diberi kesempatan menerima bantuan sosial seperti Penerima Keluarga Harapan (PKH) atau Bansos lainnya dikucurkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” jelas Sugiarto.

Kepada awak media Kepala Desa Karang Anyar : Muktarezi menyampaikan, “ini merupakan bantuan tahap ketiga untuk yang nominalnya 600 ribu, jumlah penerima pada tahap ini yakni ada 50 KK, kami selaku Pemerintah Desa berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai bantuan ini disalahgunakan, seperti yang disampaikan oleh kepala kecamatan tadi, bahwa bantuan ini dimanfaatkan sebagai modal usaha, karena kita tidak dapat memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir,” ujar Kades.

Kami selaku Pemerintah Desa sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi, maupun Kabupaten (Pemkab Lebong) yang selama ini telah di nikmati manfaatnya oleh warga atas kepedulian pemerintah. Dan pada hari ini BLT-DD tahap ketiga ini yang disalurkan melalui pemerintahan Desa Karang Anyar, Alhamdulilah sangat membantu warga desa khususnya warga desa kita.”

Jelasnya lagi, “untuk bantuan tahap selanjutnya dengan nominal 300 ribu Pemdes akan mengikuti petunjuk perkembangan dari pemerintah pusat serta pemkap Kabupaten Lebong akan secepatnya kita salurkan.”

Selain itu pihak Pemdes juga mendapatkan intruksi dari pihak Babinsa agar menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di kebun atau hutan sembarangan sebab mengingat saat ini kita akan menghadapi musim kering (kemarau ) dikhawatirkan api akan merambah ke hutan TNKS, dan sekitarnya andai terjadi kebakaran akan ada sanksinya bisa-bisa terkena tindak pidana.

Terkait penanganan Pandemi Covid-19 sebelumnya kami Pemdes telah membagikan masker kepada masyarakat, dan di bantu pihak Satpol PP menganjurkan kepada warga. seperti di jalan-jalan protokol di pasar-pasar atau tempat keramaian lainnya telah disosialisasikan atau dihimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker apa lagi, bila mengendarai kendaraan dan beraktivitas tetap jaga kesehatan ikuti protokol kesehatan,” himbauan ini tak luput telah disampaikan juga pemerintah Desa Karang Anyar. (ADV)

 

Laporan : Yunus

About adminSNN

Check Also

Penyerahan Hasil TMMD Ke 109 TA 2020, Sukses dan Produktif

REJANG LEBONG, SNN – Dengan menjalankan protokol kesehatan kegiatan penyerahan hasil TMMD ke 109 tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *