Selasa , 18 Desember 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Bengkulu / BPS Harus Independensi Didalam Menjaga Data Yang Berkualitas

BPS Harus Independensi Didalam Menjaga Data Yang Berkualitas

BENGKULU, SNN – Menghadiri peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2018Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah harapkan Badan Pusat Statistik (BPS), meningkatkan kualitas data dengan tetap menjaga independensi agar tetap menghasilkan data yang berkualitas.

Dalam kesempatan ini Rohidin Mersyah sangat mengapresiasi kinerja BPS yang selama ini telah berkontribusi dalam menyajikan data data yang akurat, sebagai acuan pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memantau pertumbuhan ekonomi hingga tingkat pengangguran.

Melaui BPS saya mendapat bagaimana inflasi, hingga gambaran kondisi ekonomi Bengkulu, termasuk angka pengangguran, kemudian tingkat hunian hotel. Saya kira ini menjadi dasar yang sangat penting dalam penyusunan kebijakan maupun menyusun kerangka pembangunan Provinsi bengkulu,” terang Rohidin Mersyah.

di waktu bersamaan Rohidin Mersyah juga mengharapkan sebagai sumber data tunggal di Bengkulu diharapkan mampu menyajikan data yang berkualitas, disamping harus tetap menjaga independensi.

BPS sebagai satu – satunya sumber utama data kita, maka memang harus terus dilakukan oleh BPS adalah peningkatan kualitas data kemudian independensi harus betul – betul dijaga dengan baik,” jelas Plt. Gubernur

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani menjelaskan bahwa tantangan terberat yang dialami oleh BPS saat ini adalah menghasilkan data yang berkulitas. Sebab ada berbagai hal yang mempengaruhi hal tersebut, baik karena petugas yang kurang menggali informasi maupun pada responden.

Untuk itu pada kesempatan ini BPS juga memberikan penghargaan kepada responden resposnsif yang diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Menurut Dyah Anugrah Kuswardani responden sangat menentukan kualitas data. “Kalau responden menolak atau memberikan jawab yang asal – asalan tentu data yang dihasilkan akan tidak berkulitas,” terangnya.

“Mari kita sama – sama membangun bangsa ini dengan berlandaskan informasi yang benar atau data yang berkualitas. Hari Statistik itu bukan hanya harinya BPS tetapi adalah hari kita semua seluruh masyarakat Indonesia,” ajak Dyah.

Tampak hadir dalam agenda ini Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, kepala BPKP Provinsi Bengkulu, Kakanwil Kemenkumham, Rektor Unib serta tamu undangan laina.

 

Pewarta : Arwin Binardi

About adminSNN

Check Also

Kondisi Lubang Di Tengah Jalan Di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur

KAUR, SNN – Meski dana dikucurkan untuk  unit pemeliharaan rutin jalan negara setiap tahun ada, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *