Senin , 24 Juni 2019
Breaking News
banner
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Bengkulu / Kaur / Bupati Kaur Pimpin Rakor Persiapan Pemilu Damai 2019

Bupati Kaur Pimpin Rakor Persiapan Pemilu Damai 2019

 

KAUR, SNN – Menjelang pemilu tanggal 17 April mendatang, Pemkab Kaur melaksanakan rapat koordinasi persiapan penyelenggaran pemilu tahun 2019.

Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, membuka rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Dalam arahannya setelah membuka rakor,Bupati Kaur menyampaika beberapa hal.yakni suksesnya pemilu tanggung jawab semua pihak,dan kesiapan pemilu di setiap instansi.Rakor ini menghadirkan beberapa narasuber.

Selanjutnya rapat dimoderatori oleh sekda kaur  H.Nandar Munadi, M.Si. secara bergiliran narasumber memberikan pandangannya,antara lain :

Ketua KPUD kaur, Mexi Rismanto S.E, menyampaikan,

” pada dasarnya persiapan pemilu 2019 telah berjalan dengan baik,Namun masih perlu dukungan perlengkapan seperti Genset, kendaraan oprasional, dan double cabin utuk menjangkau TPS-TPS yang sulit .”

Kapolres Kaur, AKBP. Arief Hidayat, S.IK memberikan tanggapannya,

“Polres kaur di back up polda siap mengamankan pemilu 2019. Kepolisian membuat klasifikasi TPS Kurang rawan, rawan dan sangat rawan berdasarkn histori. Untuk meningkatkan keamanan Di gudang logistik agar dipasang cctv & alat pemadaman kebakaran (Damkar ),serta pastikan TPS mendapt izin lokasi dari yang punya lahan & TPS tidak berdekatan.” ujar Kapolres

Waka II DPRD Kaur,Baswidan, A.Md, dalam kata sambutannya menyampaikan Partai politik (Parpol ) siap dukung pemilu damai 2019. ASN jangan ikut politik praktis

Perwira Penghubung, kapt. Inf. Zainudin juga menyampaika bahwa

“Kodim melalui danramil Sudah membangun komitmen dengan tripika untuk wujudkn pemilu damai. H-3. sudah monitor lapangan namun dipandang perlu menambah personil. Karena kekuranagn personil, maka akan ditunjuk mitra”.

Hal lain,Kajari kaur, Douglas pamino Nainggolan, SH, MH mengatakan Peran kejaksaan dalam pemilu adalah di sentra Gakkumdu. Menjadi pengacara negara bagian  KPUD.

Dari Kepala Pengadilan Negri (PN) Bintuhan, Purwanta, SH, MH menjelaskan,

pengadilan bersifat pasif, menunggu pelimpahan dari sentra gakkumdu, yang kemudian ditindaklanjuti maksimal 7 hari kerja. Khusus tuk pidana perolehan suara 5 hari kerja sebelum penghitungan secara nasional harus selesai”.

Ketua Bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo memaparkan kesiapan bawaslu kaur,

“bawaslu siap mengawasi seluruh tahapan pemilu. Saksi adalah salah satu pihak yang mejadikan kunci sukses pemilu, bawaslu mempunyai kewenangan memberikan bimtek saksi, namun Sampai kini Baru 5 parpol memasukan daftar saksi ke bawaslu, sehingga bimtek belum bisa gelar.” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kaur meminta,agar satpol P-P membantu pengamanan melalui linmas tingkat TPS, desa & Kec. Pemkab Kaur siap membantu KPU mendistribusikan logistik pemilu denga menyediakan mobil double cabin. agar camat & kades membantu mensukseskan pemilu di wilayah masing-masing, seperti bantu izin lokasi TPS, distribusi logistik dan lain-lain.

dari penyampaian masing-masing pihak, secara umum dapat disimpulkan bahwa persiapan pemilu tahun 2019 berjalan dengan baik, tinggal beberpa hal teknis yang masih perlu dikoordinasikan lebih lanjut papar.’ sekda

Selanjutnya dalam sambuatan penutup, Bupati Kaur meminta Dukcapil agar dapat menyelesaikan masalah perekaman e-ktp,ASN harus netral dan mengajak warga Kaur agar menjaga keamanan dan ketertiban dan menyukseskan pemilu tanggal 17 April mendatang.

.Hadir juga dalam Rakor iniKepala OPD, Danki Brimob, kabag & camat se Kabupaten Kaur.

 

Pewarta : Edi Baksir

Editor     : Asri.

 

 

About adminSNN

Check Also

30 Orang Calon Peserta Magang Ke Jepang Ikut Pembekalan

BENGKULU SELATAN,SNN – Sebanyak 30 orang Calon Peserta Magang ke Jepang dari Kabupaten Bengkulu Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *