Selasa , 3 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Cegah Penyakit Menular, Pemdes Lubuk Sirih Ilir Gelar Sosialisasi Untuk Warga

Cegah Penyakit Menular, Pemdes Lubuk Sirih Ilir Gelar Sosialisasi Untuk Warga

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Untuk mencegah penyebaran penyakit menular, Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ilir menggelar acara sosialisasi pencegahan,  Jum’at (16/07) sekira pukul 09.30 Wib.

Pjs Kades Lubuk Sirih Ilir Budi Hartono, SE dalam kesempatan ini menjelaskan pentingnya diadakan acara penyuluhan ini, “mengingat saat ini sedang mewabahnya penyakit menular Covid-19 yang sedang melanda dunia, daerah kita khususnya Bengkulu Selatan yang telah dinyatakan masuk zona merah,” jelas Kades.

Sekretaris Satgas Covid-19 Asilawati, SE M.Si selaku narasumber menjelaskan perpanjangan tugas Satgas itu sudah dibentuk mulai dari Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat Desa.

Penting mematuhi Protkes dalam menjalankan kegiatan kita sehari-hari karena kita mulai dari mendisplinkan diri sendiri dulu, itu cara pencegahan dini, sebab saat ini di Bengkulu Selatan pasien kita di Rumah Sakit sudah mencapai 34 orang, sedangkan kapasitasnya hanya mampu menampung 10 pasien saja, jadi janganlah kita anggap sepele masalah penyebaran Covid-19 ini, hindarilah kontaminasi langsung, taatilah Protkes yang sudah diarahkan pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, “PPKM di desa itu bukan berarti melarang kegiatan di rumah, tapi agar masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, jaga pola makan, rajin berolahraga pakai masker, hindari kerumunan lakukan isolasi mandiri selama 10 sampai 14 hari kalau sudah ada gejala mudah-mudahan hasilnya negatif, fungsi posko yang ada di desa itu harus dijalankan, laporan secara berkala ke tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten, perkembangan di desa,” jelasnya.

Narasumber dari Dinkes Kepala Seksi dari penyakit menular Bengkulu Selatan, “bagaimana cara Covid-19 ini menyebar yang pertama melalui lendir bersin dan kontak langsung atau bersalaman apalagi kalau sudah ada penyakit bawaan seperti hypertensi, kolestrol tinggi ini sangat berbahaya kalau terpapar Covid-19, jadi mari kita ubah perilaku kita yang kurang disiplin dengan Protkes itu cara jitu mencegah penyebaran Covid-19 yang lagi mewabah di negeri kita ini,” ujarnya.

Di ruang tanya jawab, salah satu mantan pasien Covid-19 warga Lubuk Sirih Ilir Buti yang sekarang kondisinya sekarang sudah pulih alias negatif menceritakan, “saat saya isolasi mandiri di rumah itu sangat memprihatinkan yang mana selama 14 hari dijauhi keluarga dengan perasaan yang tidak stabil dengan cara mengikuti petunjuk dokter yang merawat alhamdulillah saya sembuh seperti semula,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Manna Turman SE, Tim Gugus Tugas Covid-19, BPBD Bengkulu Selatan, ketua BPD, perangkat desa serta perwakilan masyarakat Lubuk Sirih Ilir. (A.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

“Kesempatan Dalam Kesempitan Mencari Keuntungan Dalam Pusaran Anggaran Dana Desa Penangan Covid-19”

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Kegiatan penangan Covid-19 di desa Kota Bumi Kecamatan Pino tahun 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *