Kamis , 4 Juni 2020
Breaking News
Slider

Home / Bengkulu / Rejang Lebong / Deklarasi Damai Pilkades Serentak Disambut Dengan Baik Oleh 165 Calon

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Disambut Dengan Baik Oleh 165 Calon


REJANG LEBONG, SNN – Di dalam suasana yang begitu penuh harapan, dan di hari ini dilaksanakan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 56 desa wilayah Rejang Lebong pada tanggal 20/2/2020 yang diikuti 165 Calon Kepala Desa. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan deklarasi damai yang dilaksanakan di Gedung BLKM Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Curup Timur, Senin (10/02).

Bapak Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi meminta agar deklarasi damai yang diselenggarakan ini, dapat menciptakan suasana damai dan kondusif tidak hanya didengar namun seluruh isi deklarasi yang diucapkan benar-benar dilaksanakan dan dibuktikan dengan nyata.

Pilkades ini ajang demokrasi di tingkat desa dan masing-masing calon yang bersaing di tingkat desa ini memiliki ikatan, dan rasa saling menghormati satu sama lain dan tinggal satu desa dan bahkan ada yang masih memiliki ikatan kekerabatan, maka dari itu saya minta seluruh calon Kades jangan hanya menjadikan isi deklarasi ini hanya untuk sebuah jabatan dan ada yang diharapkan di balik itu  tapi benar-benar dilaksanakan agar siap pun yang terpilih benar-benar yang terbaik untuk masyarakat di desanya, dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik karan sebuah amanah yang dipundak harus dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di ahirat kelak” ucap bapak  Bupati.

Bapak Bupati juga meminta agar calon tidak melakukan tindakan money politik demi sebuah jabatan dan untuk meraih suara, “sudah barang tentu nantinya menjadi beban pada saat menjalankan sebuah jabatan yang dipikul, dan disaat melaksanakan tugas barang tentu pikiran akhirnya kepada yang tidak diinginkan dan harus kalian ingat sekarang ini semua uang pemerintah harus dipertanggungjawabkan dan sudah jelas pengawasan terhadap keuangan negara cukup ketat. Jadi jangan sekali sekali melakukan hal hal yang sipatnya ke money politik,” ucap bapak Hijazi.

Lanjut bapak Bupati, “kalau ada yang memalsukan ijazah segera diselesaikan sebelum pelaksanaan Pilkades agar setelah ada hasil pemilihan tidak timbul masalah. Untuk perselisihan atau masalah yang terjadi pada Pilkades, jangan bertindak anarkis tapi selesaikan dengan kepalah yang dingin dan sesuai jalan dan undang-undang yang berlaku,” ucap bapak  Bupati.

Pada deklarasi Pilkades ini sebanyak 164 calon kepala desa dari 56 desa tersebar di 14 kecamatan diwilayah Rejang Lebong tahun 2020 ini membacakan ikrar Pilkada damai yang dituangkan dalam 5 poin. Isi deklarasi damai yakni :

– Siap menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak gelombang ke III di wilayah kabupaten Rejang Lebong secara damai jujur bermartabat dan bertanggungjawab.

– Bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran hukum pidana dan perdata selama pemilihan kepala desa serentak gelombang ke III diwilayah Kabupaten Rejang Lebong.

– Sepakat untuk menciptakan situasi kondusif, aman dan tertib serta tidak menentang segala unsur SARA yang yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat desa selama pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.

– Bertekad dan siap menerima hasil pemilihan kepala desa terpilih maupun tidak terpilih dengan tidak melakukan segala tindak kekerasan dan anarkis selama pemilihan Kepala Desa. Dalam hal sengketa dalam Pilkades akan dilakukan penyelesaian melalui mekanisme yang ada dalam peraturan perundang-undangan yang ada dengan mengedepankan etika dan moralitas yang baik. (Rio)

 

About adminSNN

Check Also

Kades Jeranglah Tinggi Jelaskan Usulan Warga Untuk Rencana Pembangunan 2021

BENGKULU SELATAN, SNN – Untuk memastikan apa saja yang akan dibangun pada tahun 2021 mendatang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *