Rabu , 14 November 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Daerah / DPMD Paser : Tampilkan Ide Dan Inovasi Dalam Bursa Inovasi Desa

DPMD Paser : Tampilkan Ide Dan Inovasi Dalam Bursa Inovasi Desa

TANA PASER, KALTIM, SNN – Dalam ajang menampilkan ide dan inovasi dari desa-desa yang telah berhasil di Indonesia, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser menggelar bursa inovasi desa.

Bursa inovasi desa ini diikuti 400 peserta dari aparatur desa dan perwakilan OPD.

 “Saya berharap  kegiatan ini bisa menjadi motivasi desa-desa untuk berkembang dan mengembangkan potensi di setiap desa,” kata Wakil Bupati Kabupaten  Paser, Mardikansyah di Gedung Awa Mangkuruku, Kamis (27/9).


“Jika desa berinovasi  dengan mengembangkan potensi yang ada , maka saya yakin desa tersebut akan lebih cepat berkembang,  berdampak pada peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat desa,”
  sambungnya lagi.

“Bursa inovasi desa merupakan  ide ide perubahan kearah yang lebih baik , bagaimana memanfaatkan dana desa  untuk kesejahteraan masyarakat,” sambung Jauhar Effendi, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa  (DPMPD)  Provinsi Kaltim.

menurut Jauhar, progran inovasi Desa sebagai bentuk pemberdayaan semua pihak, dimana semua pihak ikut terlibat dalam mendukung program-program pemerintah.

“Kita ingin semua bersinergi, karena program pemerintah akan berhasil manakala bukan hanya ditangani satu institusi, semua pihak yang terkait harus terlibat bersama-sama,” kata Jauhar.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Paser, Zulkarnaen Ottoluwa mengatakan sebanyak 44 inovasi ditampilkan pada program bursa inovasi desa kali ini.

“Sebanyak  44 inovasi desa  itu  akan diadopsi 139 desa. Semua contoh inovasi desa  sudah disesuaikan dengan karakteristik dan geografis desa di Kabupaten Paser,” kata Zulkarnaen.

“Ini akan menjadi komitmen dan masuk pada program desa tahun depan. Kegiatan tersebut  akan masuk di Rencana kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan dialokasikan pada APBDes 2019,” lanjutnya lagi.

Kegiatan bursa inovasi desa digelar di Gedung Awa Mangkuruku  yang dibuka langsung  oleh Wakil Bupati, Mardikansyah. Tampak hadir Ketua DPRD Paser Kaharudin, Sekda Aji Sayid Fathur Rahman, Kepala DPMPD Kaltim Jauhar Effendi dan  konsultan inovasi desa dari  Kemendes PDTT dalam acara yang berjalan manis tersebut.

 

SUMBER

About adminSNN

Check Also

Tidak Terima PUK-SPAI-FSPMI Karyawan Perusahaan Ancam Mogok

BENGKULU UTARA, SNN – Perusahaan Terbatas (PT) Sawit Mulya Menolak Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *