Jumat , 16 November 2018
Breaking News
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Internasional / Fenomena Cermin Raksasa Salar de Uyuno

Fenomena Cermin Raksasa Salar de Uyuno

BOLIVIA, AMERIKA SELATAN, SNN – Setiap tahun banyak turis dan wisatawan berdatangan ke Salar de Uyuni untuk menyaksikan fenomena cermin raksasa. Fenomena sangat sayang untuk dilewatkan bagi para pencinta tempat-tempat wisata.

Salar de Uyuni adalah dataran garam terbesar di dunia seluas 10.582 kilometer sekaligus cermin alam terbesar di dunia yang terletak di Negara Bolivia bagian tenggara, Provinsi Potosi dan Oruro, Amerika Selatan dekat puncak Andes, pada ketinggian 3.650m atau sekitar 12.000 kaki di atas permukaan laut.

Dataran garam ini terbentuk oleh beberapa danau prasejarah, yang berubah bentuk sekitar 30.000 sampai 42.000 tahun yang lalu. danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Dan akhirnya ketika mengering, sekarang ini terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau Poopó dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni. Permukaannya tertutup lapisan garam setinggi beberapa kaki, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun

Pemandangan yang menakjubkan dari Salar De Uyuni

Meskipun dari gambar terlihat sangat panas, sebenarnya suhu di Salar de Uyuni cukup hangat, hanya berkisar antara 13 derajat sampai 21 derajat celcius.

Diperkirakan juga kalau Salar de Uyuni ini mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Selain itu, setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan sekarang merupakan pertambangan garam aktif.

Tur menjelajahi Salar De Uyuni biasanya menggunakan mobil 4×4

Untuk traveling ke Salar De Uyuni, biasanya turis menggunakan kendaraan 4×4 seperti Toyota Landcruisers untuk 6 hingga 7 orang. Kebanyakan penyedia tur Salar De Uyuni menjual 3-4 hari paket tur yang memiliki jadwal sama. Untuk 2 setegah hari pertama adalah eksplorasi dataran garam Salar De Uyuni. Baru kemudian menuju selatan ke sudut barat daya Bolivia, dan kemudian tur akan berakhir sana.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengunjungi Salar De Uyuni. Salah satunya adalah kalian bisa memulai perjalanan dari La Paz, dan kemudian mengambil bus ke Oruro dan setelah itu, barulah naik kereta ke Uyuni. Setelah melakukan perjalanan selama sekitar 7 jam, Kalian akan tiba di Uyuni di malam hari.

Salar de Uyuni juga merupakan pertambangan garam aktif

Kalian bisa menginap di hotel di dekat Salar De Uyuni. Baru keesokan harinya, kalian akan memulai perjalanan menuju Uyuni Salt atau bisa juga mengunjungi Colchani terlebih dahulu. Sebuah kota kecil di mana kalian dapat membeli kerajinan yang terbuat garam. Dari titik ini kalian sudah bisa melihat pemandangan yang spektakuler yaitu padang garam terbesar di dunia, dengan luas perkiraan 12.000 km persegi, Salar de Uyuni!

Pulau Incahuasi yang ada ditengah Salar De Uyuni

Akomodasi selama tur biasanya sangat sederhana dan cuaca disana bisa sangat dingin ketika malam hari. Namun tur di Salar De Uyuni ini layak untuk dicoba siapapun karena pemandangannya yang menakjubkan. Bisa dibilang, Salar De Uyuni ini adalah salah satu destiniasi di dunia yang wajib untuk dikunjungi setiap traveler!

Sekarang ini Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal yang telah dikunjungi banyak turis dan wisatawan dari seluruh dunia. Memang, padang garam yang satu ini bisa dibilang unik dan sangat fotogenik.

Permukaannya yang datar sempurna dan jernih memantulkan refleksi langit dan awan di atasnya, menghasilkan pemandangan yang mengagumkan bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Menurut Gizmodo, beberapa kali dalam setahun dataran yang terletak di barat daya Bolivia tersebut mendapatkan curahan hujan hingga tertutup lapisan air tipis. Saat itulah Salar de Uyuni menjelma menjadi cermin alam terbesar di muka bumi (Fenomena Cermin Raksasa).

Foto – Foto Salar De Uyuni

Pemandangan yang menakjubkan dari Salar De Uyuni

About adminSNN

Check Also

Kepala Desa “AROGAN “Lapen Dan Drainase Asal Jadi

REJANG LEBONG, SNN – Pembangunan Lapen dan Drainase dinilai asal jadi, oknum Kepala Desa Air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *