Selasa , 3 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Gelar Musdessus, Pemdes Kota Agung Bahas Penetapan SDGs

Gelar Musdessus, Pemdes Kota Agung Bahas Penetapan SDGs

Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Pemerintah Desa Kota Agung Kecamatan Uram Jaya menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) terkait Penetapan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021, Kamis (15/07).

Bertempat di Balai desa, Musdessus dihadiri oleh Camat Uram Jaya, Pemerintah Desa, BPD, wakil kelompok masyarakat serta Pokja Pendataan, Tenaga Ahli Kabupaten dan pendamping desa.

Dengan agenda penetapan hasil pemutakhiran Data SDGs Desa mulai dari pendataan tingkat Desa, Dusun, keluarga dan individu.

Dalam sambutanya Kades Kota Agung Kamarudin Gusti mengucapkan terima kasih kepada Tim Pokja yang sudah bekerja semaksimal mungkin.

Kami dari Pemdes Kota Agung mengucapkan terima kasih kepada tim Pokja yang sudah bekerja sangat maksimal, semoga data yang telah selesai ini akurat dan dapat dipergunakan untuk kemajuan Desa Kota Agung,” ucap Kamarudin.

Adapun hasil pendataan SDGs Desa tahun 2021 yang disampaikan oleh Farizal Asep selaku Ketua Pokja pendataan SDGs Desa, seperti:

1. Survey Desa

Survey Desa yang telah diselesaikan terdiri dari data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, asset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastuktur dan lainnya.

2. Survey Dusun

Jumlah Dusun yang telah didata sebanyak 3 (tiga) dusun, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosial budaya, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

3. Survey Keluarga

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 369 (Tiga ratus enam puluh sembilan) keluarga, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

4. Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 1044 (Seribu empat puluh empat) jiwa, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

Selanjutnya Tenaga ahli Kabupaten (TATTG) Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna, Supriyatna mengatakan

Data yang telah dihasilkan ini sangat berguna untuk Desa Kota Agung.

Data berbasis SDGs Desa ini juga natinya akan menjadi dasar bagi pemerintah desa dalam merumuskan dan menetapkan prioritas kebijakan program pembangunan skala desa secara berkelanjutan,” ujarnya.

Musyawarah Desa diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Pokja pendataan, Pendamping Lokal Desa serta wakil dari masyarakat. (YNS)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

“Kesempatan Dalam Kesempitan Mencari Keuntungan Dalam Pusaran Anggaran Dana Desa Penangan Covid-19”

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Kegiatan penangan Covid-19 di desa Kota Bumi Kecamatan Pino tahun 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *