Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Gelar Paripurna, DPRD Kaur Bahas Pandangan Akhir Fraksi Terhadap Raperda RT/RW TA 2021-2024

Gelar Paripurna, DPRD Kaur Bahas Pandangan Akhir Fraksi Terhadap Raperda RT/RW TA 2021-2024

Kaur| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Pada Senin (07/06) sekira pukul 09.40 Wib bertempat di ruang rapat DPRD Kaur di komplek perkantoran Padang Kempas, DPRD Kaur bersama pihak terkait menggelar rapat Paripurna tentang pandangan akhir fraksi – fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) RT, RW, tahun 2021– 2024.

Paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini, dan dihadiri seluruh anggota dewan, ketua Fraksi – Fraksi, OPD, FKPD, Camat, serta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini ketua DPRD Kaur Diana Tulaini menjelaskan bahwa, “Raperda RT, RW Kabupaten Kaur tahun 2021 – 2024 ini merupakan dokumen rencana tata ruang yang dihasilkan dari kegiatan revisi RT, RW Kaur tahun 2021 – 2041. Dimana kegiatan – kegiatan revisi RT, RW adalah rangkaian kegiatan tindak lanjut dari kegiatan review atau peninjauan kembali, sesuai dengan arahan dalam UU penataan ruang Nomor 26 tahun 2007 yaitu RT, RW Kabupaten/Kota dapat ditinjau kembali 1 kali dalam 5 tahun,” jelasnya lantang.

Dalam rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi DPRD Kaur, seluruh Fraksi DPRD mendukung dan menyepakati Rancangan Peraturan Daerah RT, RW Tahun 2021 – 2024, sehingga Pansus DPRD Kaur, dapat menerima dan menyetujui serta merekomendasikan kepada Rapat Paripurna untuk menyetujui dan menetapkan rancangan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Kaur Tahun 2021-2024 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kaur Tahun 2021.

Juru bicara Pansus Raperda rencana tata ruang Wilayah Kabubaten Kaur Tahun 2021 – 2024 Denny Setiawan juga mengatakan saat ini tengah melakukan peninjauan kembali, karena perkembangan yang begitu pesat pada setiap sektor pembangunan dan menurunnya kualitas lingkungan hidup, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan struktur dan fungsional ruang wilayah sekaligus ketidak teraturan ruang wilayah.

Dari perkembangan Kabupaten Kaur itu la, perlu mempersiapkan serta mengakomodasi kebutuhan ruang dan pengaturan ruang yang selaras. Sesuai amanat undang – undang bahwa rencana tata ruang RT RW  dapat dilakukan peninjauan kembali 1 (satu) kali dalam setiap periode 5 (lima) tahunan, maka pada 2021 telah dilakukan Peninjauan Kembali terhadap rencana tata ruang wilayah RT RW Kabupaten Kaur Tahun 2021-2024,” terang Denny Setiawan.

Disisi lain Bupati Kaur, Lismidianto melalui Wakil Bupati Herlian Muchrim mengapresiasi sekaligus mengucapkan rasa terimakasih bahwasanya rapat Dewan pada hari ini telah disepakati bersama serta mendapat persetujuan terhadap usulan pembentukan Raperda RT RW Kabupaten Kaur tahun 2021-2024.

Berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, bahwa dalam rangka penetapan peraturan daerah tentang RT RW Kabupaten Kaur tahun 2021-2024 harus melalui Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Tata Ruang Kabupaten oleh Gubernur, dan dilakukan konsultasi Evaluasi pada Kemendagri.

“Nota Persetujuan Bersama tentang Raperda RT RW Kabupaten Kaur tahun 2021-2024 ini akan segera disampaikan kepada Gubernur Bengkulu untuk segera dievaluasi dan memastikan rancangan Perda telah sesuai persetujuan substansi Kementerian Agraria dan tata ruang atau badan pertanahan nasional dan saya juga harapkan DPRD Kaur untuk mengontrol kami,” pungkas Wabup. (ADV)

 

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *