Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Gelar Pelatihan, BPD Desa Pajar Bulan Siap Meningkatkan Kapasitas dan Sumberdaya Manusia

Gelar Pelatihan, BPD Desa Pajar Bulan Siap Meningkatkan Kapasitas dan Sumberdaya Manusia

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia serta pengetahuan dalam menjalankan tugasnya, hari ini Senin (23/08) Pemerintah Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim menggelar pelatihan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) guna meningkatkan pengetahuan dalam menjalankan tugasnya kedepan.

Pada kesempatan ini Kades Pajar Bulan   Daus menjelaskan, “pentingnya menggelar acara pelatihan peningkatan kapasitas BPD agar kedepannya bisa memahami tugas pokoknya di dalam menjalankan tugasnya, karena BPD itu mitra Kepala Desa di dalam menjalankan proses pembangunan di desa,” jelas Kades sembari membuka acara secara resmi.

Peserta yang mengikuti pelatihan ada lima anggota BPD, Ketua, Sekretaris, Bendahara dan dua orang anggota. Acara yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh narasumber dari Kecamatan (Kasi PMD dari Kecamatan Seginim Apip Nopriadi, SH dan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa Heri Apriyadi, S.Sos).

Apip Nopriadi, SH menjelaskan beberapa hal penting yang harus diketahui oleh BPD di dalam menjalankan tugasnya.

BPD itu bagai kakak dengan adik dengan Kepala Desa tentu untuk mengawal jalannya pembangunan di desa BPD sangat berperan, tanpa persetujuan BPD APBDes tidak bisa berjalan, tentu fungsi pengawasan itu haruslah dijalankan sesuai aturan Permendagri 114 tahun 2014 UU No 6 tahun 2014. BPD dan Kepala Desa secara bersama-sama membahas usulan yang akan di sahkan di APBDes dengan fungsi dan tugasnya BPD haruslah memahami peraturan yang ada agar pembangunan di desa berjalan tepat waktu dan usulan yang direncanakan bisa di jalankan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Terpisah Heri Apriyadi, S.Sos dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan dalam kesempatan ini juga menjalankan apa saja tugas pokok BPD setelah dilantik, “jadi anggota BPD yang pertama pastikan anda sudah mengantongi SK setelah pelantikan jangan sampai Pelantikan sudah selesai tapi SKnya belum ada karena tugas BPD itu enam tahun setelah dilantik dan anggota BPD bisa diberhentikan.
1. Habis masa jabatan
2. Meninggal dunia
3. Tersandung hukum dan lain-lain.”

Masalah jam kerja memang belum ada peraturan yang mengatur atau regulasinya tapi sebaiknya BPD harus punya kantor sendiri kalau memang sudah memungkinkan dan dikoordinasikan dengan pemerintah desa terkait tunjangan BPD itu mungkin disesuaikan dengan kondisi keuangan desa apalagi sekarang kita masih di landa bencana pandemi jadi sampai saat ini APBD kita belum ada kenaikan,” ujarnya.

Lanjut Heryadi, unsur pimpinana BPD harus melalui rapat internal BPD itu sendiri, karena di dalam aturan Permendagri 114 tahun 2014 semuanya anggota BPD mengenai tugas pokok BPD sebagai berikut:
1. Menggali aspirasi
2. Menampung aspirasi
3. Mengelolah aspirasi
4. Menyalurkan aspirasi
5. Melaksanakan musyawara desa
6. Membentuk panitia pemilihan kepala desa
7. Membahas dan menyepakati peraturan desa
8. Melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa
9. Menjalin hubungan harmonis dengan lembaga lembaga lain di desa.

Itulah tugas pokok yang harus dipahami anggota BPD agar kedepan bisa bersinergi dengan pemerintah Desa (Pemdes),” jelas Heri Apriyadi, S.Sos dalam penyampaian materi pelatihan di desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. (A.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *