Sabtu , 19 September 2020
Breaking News

Home / Bengkulu / Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Berkekuatan 6.9 SR Kejutkan Warga Bengkulu

Tak Berpotensi Tsunami, Gempa Berkekuatan 6.9 SR Kejutkan Warga Bengkulu

BENGKULU, SNN – Gempa bumi berskala besar guncang Bengkulu, tepatnya sekira pukul 05.23 WIB gempa dengan kekuatan 6.9 SR mengejutkan warga, namun tidak berpotensi tsunami, Rabu (19/08) pagi.

Gempa bumi yang mengguncang setelah waktu sholat subuh ini mengejutkan masyarakat di Kota Bengkulu, salah satunya warga disekitar Kelurahan Panorama Kecamatan Singaran Pati yang berhamburan keluar rumah.

Menurut keterangan salah satu warga mengatakan, “gempanya kencang sekali, sehingga kami sampai terbangun dan langsung ke luar rumah untuk menyelamatkan diri,” ujarnya dengan nada cemas.

Tidak hanya sekali gempa yang mengejutkan warga terjadi dua kali.

Berikut keterangan BMKG terkait gempa bumi yang guncang Bengkulu :

:::: BMKG :::: BMKG :::: BMKG ::::
TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT:

Kekuatan : 6.9 SR
Tanggal : 19-Aug-2020
Waktu Gempa : 05:23:56 WIB
Lintang : 4.50 LS
Bujur : 100.91 BT
Kedalaman : 10 Km

Lokasi:
Southwest of Sumatra, Indonesia

Keterangan:
169 km BaratDaya BENGKULU-BENGKULU
177 km BaratLaut ENGGANO-BENGKULU
185 km BaratDaya BENGKULUUTARA
188 km BaratDaya BENGKULUTENGAH
682 km BaratLaut JAKARTA-INDONESIA

Informasi Tsunami :

Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI

:::: BMKG :::: BMKG :::: BMKG ::::

Hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadinya gempa, dilansir dari laman conservation.ca.gov, sebagai berikut :

1. Anda harus tetap tenang dan tidak panik ketika terjadi gempa bumi. Jika berada di dalam rumah Anda bisa berlindung di bawah meja dan lindungi kepala dengan tas atau tangan.

Usahakan untuk tidak berada dekat dengan lemari atau barang pecah belah dan segera keluar dari rumah begitu getaran gempa selesai.

2. Jika Anda berada dalam gedung tinggi, usahakan segera keluar dari gedung. Sebaiknya gunakan tangga darurat dan jangan gunakan lift.

Usahakan mengetahui tempat evakuasi dan tangga darurat sebelumnya, dengan begitu bisa langsung tahu tempat untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.

3. Kalau Anda berhasil berada di luar ketika terjadi gempa, waspadai bangunan dan pohon tinggi. Jauhi bangunan dan tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika rubuh. Gempa terkadang juga menimbulkan tanah longsor, jadi hindari pula kawasan dekat tebing atau jurang, usahakan untuk bisa berada di alam terbuka dan tanah lapang.

4. Kalau getaran gempa bumi sudah selesai, tetap waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari yang pertama. Kalau Anda masih berada dekat rumah, pastikan kompor sudah dimatikan.

5. Jika tercium bau gas segera tutup dan cabut katup penghubung tabung gas. Kalau ada kemungkinan kerusakan listrik yang timbul akibat gempa bumi, segera matikan sumber listrik di rumah agar tidak terjadi konsleting listrik yang membahayakan.

Tetap waspada jaga diri anda dan keluarga, kenali potensi gempa dan tetap cari informasi, jangan panik dan selalu berhati-hati. (Red)

 

SUMBER

About adminSNN

Check Also

Penuh Kekompakan Personel Kodim 0409/RL Bersama Warga Desa Siap Sukseskan TMMD

LEBONG, SNN – Dengan kompak dan penuh semangat para personel Kodim 0409/RL yang bertugas pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *