Senin , 27 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Bengkulu / Gubernur Bengkulu Minta Pemkab dan Pemkot Bangun Lab PCR

Gubernur Bengkulu Minta Pemkab dan Pemkot Bangun Lab PCR

Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta kebupaten dan kota untuk pembangunan Lab PCR. Termasuk pengadaan Swab Antigen dan ketersediaan oksigen. Hal ini untuk memaksimalkan penanganan hilir COVID-19 dengan baik.

“Kita memastikan di kabupaten terkait dengan penanganan hilir COVID-19, saya mintakan setiap kabupaten miliki minimal 1 Lab PCR dan juga menyediakan oksigen memadai,” kata Gubernur Rohidin usai laksanakan Rapat Koordinasi di Kantor Bupati Kaur bersama Jajaran Forkopimda, Jum’at (06/08).

Pemprov Bengkulu tambahnya, mendapatkan bantuan pengisian ulang oksigen cair yang tidak terbatas dari PT Pusri melalui hasil fasilitasi Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ini bisa dimanfaatkan oleh daerah dengan menyediakan tabung oksigen. Stok oksigennya sangat mencukupi, dan Sumsel siap membantu asal kita menyediakan tabungnya,” jelasnya.

Gubernur Bengkulu bersama Forkopimda terus melakukan pemantauan hingga ke tingkat desa/ kelurahan.

Hal ini untuk memastikan penanganan COVID-19 untuk wilayah Provinsi Bengkulu betul-betul dilakukan dengan kebijakan yang sama sebagaimana dengan arahan Presiden RI dengan satu narasi, kemudian tegak lurus dan dilakukan secara sistematis dan masif.

“Kita memastikan pertama sebagaimana instruksi Mendagri Nomor 28 dan 29 terkait level kejadian penyakit COVID-19, Kabupaten Kaur masuk level 3,” tegasnya.

Di Kabupaten Kaur Gubernur Rohidin bersama jajaran Forkopimda juga memantau posko Satgas penanganan COVID-19 tingkat desa/ kelurahan.

“Tadi kita pantau. Maka saya minta anggarannya tersedia sebagaimana aturan dari Kemendagri dan Kemenkeu, dana desa itu minimum 8 persen untuk penanganan COVID-19, BLT kemudian sisanya untuk kegiatan padat karya tunai,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Gubernur Rohidin juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kaur, terkait penyerapan anggaran DAK dan Dana Desa.

“Terakhir kita memastikan penyerapan anggaran di Kabupaten Kaur terkait dengan dana DAK dan Dana Desa, semua di atas rata-rata provinsi. Saya kira kita berikan apresiasi,” tutupnya. (red)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

DPRD Kota Bengkulu Siap Awasi Pendistribusian Beras PKHD

Kota Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu melalui Wakil Ketua Komisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *