Selasa , 12 November 2019
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Utara / Dugaan Kecurangan Pemilihan Anggota BPD Talang Arah Bergejolak

Dugaan Kecurangan Pemilihan Anggota BPD Talang Arah Bergejolak

BENGKULU UTARA, SNN – Pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Desa Talang Arah kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara menuai protes.

Adanya dugaan  cacat formil, seorang calon pengisian kursi anggota BPD Talang Arah yang digelar beberapa waktu lalu, mengirimkan surat keberatan atas hasil pemilihan kepada camat Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara.

Sosri Gunawan mengajukan surat keberatan, karena diduga adanya kecurangan dipandang dari ketentuan Perbub dan menilai terjadi pelanggaran terhadap peraturan bupati yang dimaksud.

Kejanggalan dan dugaan pelanggaran yang memicu persoalan dalam surat perintah tugas kepala desa Talang Arah Roswan Effendi,  Nomor 800/10/2007/X/2019. Surat tersebut diterima oleh  Abu Saman Ketua Panitia Penyelenggara Pengisian Anggota BPD Desa Talang Arah dan anggota kepanitiaannya berjumlah 7 orang, terdiri dari Ketua dan sekretaris dan 5 orang anggota dari unsur perangkat desa dan masyarakat.

“Iya kita mengajukan surat keberatan kepada Camat   Putri Hijau atas hasil Pemilihan BPD yang diduga cacat formil”, ungkap Sosri.

Lebih lanjut Sosri mengungkapkan, ada beberapa dugaan  kecurangan hasil pemilihan BPD tersebut dinilai cacat formil sehingga harus dibatalkan. Penyelesaian terbaik menurut Sosri batalkan hasil pemilihan dan meminta Camat merekomendasikan agar kades dan ketua panitia untuk mengadakan pemilihan ulang dan ada keterwakilan kadun II

“Ada beberapa dugaan kecurangan sehingga hasil pemilihan BPD tersebut cacat formil dan harus dibatalkan yaitu pada surat perintah tugas Kepala Desa Talang Arah Nomor 800/10/2007/2019, bahwa dalam surat tersebut perintah tugas untuk Linmas dan Hansip melanggar aturan dan dasar aturan umum”, ungkapnya

Masih menurut Sosri, saat ini pihaknya sedang melakukan upaya administratif mengajukan keberatan.

” Dugaan cacat administrasi tersebut saat ini kami sudah melakukan penyampaian keberatan kepada Camat Putri Hijau atas Pemilihan anggota BPD Desa Talang Arah dan tidak menutup kemungkinan akan kami gugat persoalan ini ke Pengadilan Negeri Bengkulu Utara bahkan ke PTUN “, tutup Sosri.

Ketika redaksi meminta konfirmasi kepada Camat Putri Hijau adanya dugaan kecurangan pemilihan Anggota BPD di Talang Arah, Sutrino menjelaskan, “saya belum meminta keterangan dari Sosri,jadi belum ada kesimpulan, minggu depan kita mediasi”.

 

Editor : Asri

 

About adminSNN

Check Also

Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Bengkulu Selatan Berikan Penghargaan Pada Tenaga Kesehatan Berprestasi

BENGKULU SELATAN, SNN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *