Rabu , 21 Agustus 2019
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / Lesehan Bersama Ribuan Mahasiswa, Bupati Titip Program Kerja Ke Peserta KKN

Lesehan Bersama Ribuan Mahasiswa, Bupati Titip Program Kerja Ke Peserta KKN

 

BENGKULU SELATAN,SNN – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menghadiri serah terima Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu angkatan VII tahun 2019. 1430 Mahasiswa disambut dengan suasana akrab dan penuh kekeluargaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bengkulu Selatan. Sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan, Bupati, FKPD dan ribuan mahasiswa duduk lesehan bersama.

Dihadapan civitas akademika dan mahasiswa IAIN Bengkulu, Gusnan mendoakan supaya proses alih status IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) segera terwujud.

“Mudah-mudahan IAIN Bengkulu segera menjadi UIN. Aamiin,” ujar Gusnan yang spontan dijawab aamiin oleh ribuan mahasiswa.

Kepada ribuan mahasiswa KKN, Bupati juga menitipkan sejumlah program kerja yang disinergikan dengan program daerah. Diantaranya terkait program hewan ternak dan perilaku masyarakat hidup menjaga kebersihan lingkungan.

“Kepada adik-adik mahasiswa, saya ingin menitipkan program, sampaikan pesan kepada masyarakat bagaimana caranya beternak yang baik sesuai syariah. Zaman Rasulullah beternak itu digembalakan, tidak dibiarkan liar. Bantu pemerintah ajarkan masyarakat beternak yang baik,” harap Gusnan.

Begitupula dengan kebersihan, Gusnan juga meminta kepada mahasiswa menularkan perilaku menjaga kebersihan kepada masyarakat. Karena sesuai ajaran agama, bahwa kebersihan sebagian dari iman.

“Indonesia adalah negara yang mempproduksi sampah nomor tiga terbanyak di dunia. Yang membahayakan itu sampah plastik. Ini juga saya minta tolong sama adik-adik mahasiswa,” ungkap Gusnan.

Gusnan juga minta kepada mahasiswa untuk melaporkan hal-hal penting yang menjadi temuan mahasiswa di lapangan. Dirinya juga mengobral nomor Handphone kepada mahasiswa, dengan harapan bisa memberikan informasi langsung jika ada yang penting.

“Misalnya ada jalan rusak, irigasi rusak parah yang belum diketahui pemerintah. Ada rumah reot belum tersentuh bantuan dan warga miskin yang sakit belum pernah sama sekali dapat bantuan, silahkan hubungi langsung ke nomor HP saya tadi,” tegas Gusnan.

Kepada mahasiswa, Gusnan juga akan menitipkan kuesioner tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Dilibatkannya mahasiswa, menurut Gusnan karena dianggap bisa menyajikan data yang objektif.

“Nanti kita tahu bagaimana kepuasan masyarakat terhadap kerja kades, dinas termasuk Bupati. Bahkan mungkin nanti ada yang tidak tahu siapa Camatnya, karena Camat tidak pernah turun ke masyarakat. Tujuan kedepannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sebagai bahan instropeksi,” beber Gusnan.

Terhadap program kerja mahasiswa KKN, sambung Gusnan, pemerintah daerah akan terbuka dan siap membantu serta bersinergi dengan mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan IAIN Bengkulu, Dr Syamsuddin, M.Pd menyampaikan bahwa ada 1.425 IAIN Bengkulu dan 5 mahasiswa STAIN Bengkalis yang mengikuti KKN di Bengkulu Selatan. Tersebar di 133 Desa dan 10 Kecamatan.

“Program kerja KKN ini melalui pendekatan keagamaan berbasis Masjid untuk mengembangkan kehidupan sosial, ekonomi, kemasyarakatan,” demikian Syamsudin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bengkulu Selatan, Dandim 0408 Bengkulu Selatan, Kepala Kantor Pertanahan, Camat dan pejabat lainnya.

 

Pewarta : Aslan Hasibuan

Editor     : Asri

About adminSNN

Check Also

Baznas Bengkulu Selatan Telah Salurkan Bantuan untuk 46 Rumah Tidak Layak Huni

BENGKULU SELATAN. SNN – Baznas Bengkulu Selatan Telah Salurkan Bantuan untuk 46 Rumah Tidak Layak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *