Sabtu , 21 September 2019
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Bengkulu / Kaur / Murahnya Harga Karet,Petani Merasa Perekonomian Semakin Tak Menentu.

Murahnya Harga Karet,Petani Merasa Perekonomian Semakin Tak Menentu.

KAUR, SNN – Murahnya harga Karet  yang cukup lama dirasakan masyarakat, khususnya di provinsi Bengkulu.menjadi keluhan petani yang merasakan langsung efeknya,perekonomian tak menentu

Di Kaur misalnya, petani karet mengeluh murahnya harga karet tidak setabil dengan biaya yang dikeluarkan petani sehari- hari.Setiap hari petani menyadap karetnya dengan alasan untuk memenuhi ekonomi keluarga,belum lagi ditambah dengan keadaan cuaca yang kurang menguntungkan. Setelah dikumpulkan pengepul hanya membayar dengan  harga  Rp.6000.

Mursal, salah seorang petani karet  di desa Sukabanjar Kecamatan Tetap  Kabupaten  kaur, saat ditemui  wartawan SNN di lokasi kebun karetnya sangat mengeluhkan sekali  dengan harga karet sangat murah, dan baginya tidak setabil dengan harga sembako.

“jika dibandingkan harga karet perkilonya  Rp.6000 dengan harga beras misalnya mencapai Rp.15000 perdua liter(satu cupak),maka untuk membeli beras petani harus menyiapkan 25 kilo gram karet yang sebanding dengan harga beras satu kaleng (sepuluh Cupak). Andaikan petani mendapatkan hasil sadapannya 50 kg perminggu,maka sudah barang tentu hanya harga 25 kg  yang bisa dibelanjakan untuk kebutuhan selain beras.”ujarnya lirih.

Harapan petani karet Kaur khususnya,propvinsi Bengkulu pada umumnya kepada pemerintah provinsi dan kabupaten agar bisa mengupayakan naiknya harga karet yang dinilai sangat rendah ini.

Pewarta : Edi Baksir

Editor     : Asri

About adminSNN

Check Also

Peran Keluarga, Kunci Wujudkan Generasi Berkualitas Menurut Gubernur

BENGKULU, SNN – Keluarga adalah Pondasi awal dalam pembentukan karakter pada anak sehingga Aisyiyah Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *