Minggu , 1 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Musrenbangdes Kota Padang Manna, Jalin Kerjasama yang Baik Antar Pemdes dan Masyarakat

Musrenbangdes Kota Padang Manna, Jalin Kerjasama yang Baik Antar Pemdes dan Masyarakat

Bengkulu Selatan, www.sinarnusantaranwes.com – Dalam menyusun perencanaan Pembangunan Desa yang partisipatif, akuntabel dan transparan demi terciptanya pembangunan yang merata dan berkeadilan di Desa Kota Padang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan perlu adanya dukungan dari masyarakat. Hal itu disampaikan Sudin Kepala Desa Kota Padang saat membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2022 di Kantor Desa setempat, Selasa (09/02).

Musrenbangdes Dipimpin langsung oleh Ketua BPD Desa Kota Padang, Tusman di hadri selurung anggota BPD, hadir perwakilan Camat Manna Kasi PMD, Pendamping Lokal Desa, Bhabinsa Koramil Kayu Kunyit dan Kanitbinmas Polsek Manna.

Menurut Sudin, Indikator kemajuan suatu Desa didasari oleh adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dan masyarakat. Dukungan dan peran serta masyarakatlah yang bisa memajukan Pembangunan yang ada di Desa.

Tanpa adanya dukungan dari masyarakat, kemajuan dan keberhasilan Pembangunan di Desa tidak akan bisa berjalan dengan baik,” ungkap Sudin dalam sambutannya.

Dikatakan Sudin, berdasarkan amanat Undang-Undang Peraturan Mentri Dalam kegiatan Musrenbangdes ini bagian dari kegiatan rutin tahunan Pemerintah Desa, dimana kegiatan ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan Aspirasi/usulan dalam hal Pelaksanaan Pembangunan di Desa Kota Padang untuk tahun anggaran 2022.

Ketua BPD Desa Kota Padang Tusman saat memimpin Musrenbangdes mengatakan, Hasil kesepakatan terkait dengan Prioritas Pembangunan Desa melalui Musrenbangdes ini akan di bawa ke musrenbangcam, kemudian untuk penganggaran yang di usulkan melalui ABPD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN.

Pembangunan yang skala besar kita usulkan melalui APBD dan APBN, kalau yang skala kecil kita usulkan melalui APBDES Desa, khusus untuk pembiayaan usulan yang skala kecil pembahasannya akan kita lakukan pada saat Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes),” terang Tusman.

Terkait dengan hasil usulan kegiatan yang di prioritaskan, Nopi Miarti menjelaakan, sebanyak 21 usulan Pembangunan yang akan ditindak lanjuti untuk diajukan di tingkat Musrenbangcam :
1. Pembangunan Siring Pasang (SP) Jalan Lintas Desa Kota Padang
2. Pembangunan Bronjong ataran sawah Desa Kota Padang

Dari pantauan awak media kegiatan Musrenbangdes dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan bejalan dengan lancar. (A.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Sekber Media Minta Inspektorat Periksa Pembangunan Rabat Beton Desa Palak Bengkerung

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com  – Terkait Berbagai isu tak sedap yang menerpa Desa Palak Bengkerung Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *