Kamis , 18 April 2019
Breaking News
banner
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider
Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / Mutasi Pejabat Eselon III dan IV Di Bengkulu Selatan Terkesan Dipaksakan

Mutasi Pejabat Eselon III dan IV Di Bengkulu Selatan Terkesan Dipaksakan

BENGKULU SELATAN, SNN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan yang melaksanakan  perombakan Jabatan untuk eselon III dan eselon IV dinilai dipaksakan.

Perombakan Jabatan atau lazimnya disebut mutasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu selatan mulai menuai kritikan dan dinilai hal yang dipaksakan,meski mutasi suatu hal yang wajar.

Menurut sumber yang tidak mau namanya dipublikasikan, ada 3  pejabat  naik jabatan dari pejabat pelaksana (eselon IV)  menjadi pejabat pengawas (eselon III) diduga kenaikan jabatan mereka tidak sesuai dengan  PP No. 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN pada pasal  54 ayat 3 hurup d. Bahkan ada 1 diantara 3, adalah orang dekat dari salah satu pejabat tinggi di Bengkulu Selatan.

“Pengangkatan mereka sebagai pejabat pelaksana  belum sampai  4 tahun,sedangkan aturan minimal harus 4 tahun.  Dari ke 3 pejabat tersebut salah satunya kerabat dekat  pejabat tinggi di Bengkulu Selatan.” ujar Nara sumber  seorang  ASN yang sudah cukup senior.

Dari sumber lain,”ada 1 orang yang merupakan ASN yang terlibat tipikor(Tindak Pidana Korupsi) hingga saat ini belum dipecat dan masih dipertahankan menduduki  jabatan  eselon IV. Bahkan jabatan semula  di kecamatan sekarang ditempatkan sebagai pejabat  di salah satu instansi yang terkenal “basah”.  Penempatannya ini diduga sudah melanggar pp. No 11 tahun 2017 pasal 54  ayat 4 dan juga melanggar aturan UU ASN no. 5  tahun 2014 ayat 4 hurup b serta instruksi SKB tiga menteri. Dalam hal ini pejabat tersebut seharusnya dipecat kok malah dipertahankan ada apa.” ujarnya.

Ironisnya lagi ada pejabat eslon IV yang baru dilantik hitungan hari, dilantik kembali di posisi semula.

Menurut Kepala  BKPSDM Bengkulu Selatan Minarman. SH,  ketika diwawancarai mengatakan,   “mutasi yang dilakukan oleh Pemda Bengkulu Selatan beberapa waktu  yang lalu masih merujuk kepada aturan yang lama, belum merujuk ke PP Nomor  11 tahun 2017 tentang manajemen ASN.  Dikarenakan juknisnya belum ada,  dan kami tetelah koordinasi juga dengan pihak BKN.  Promosi jabatan 3 orang tersebut tidak jadi masalah.”

Terkait dengan  mantan pidana tipikor masih  menduduki  jabatan menurut Minarman. SH,

 “selagi belum ada intruksi dari pihak BKN kami tidak berhak memberhentikan yang bersangkutan,jika sudah ada siap untuk mengambil tindakan”pungkasnya.

Pewarta : Aslan Hasibuan

Editor     : Asri

 

About adminSNN

Check Also

Pengiriman Logistik Pemilu 2019 Ke TPS Dilepas Plt Bupati Bengkulu Selatan

BENGKULU SELATAN, SNN –  Pelaksana Tugas Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi melepas keberangkatan pengiriman logistik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *