Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Optimis Majukan Desa di Tengah Pandemi Covid-19, Pemdes Duku Ulu Lakukan Opname 40% Tahap 1 GSGD

Optimis Majukan Desa di Tengah Pandemi Covid-19, Pemdes Duku Ulu Lakukan Opname 40% Tahap 1 GSGD

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com Gedung Serbaguna Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong, hari ini Kamis (26/08) melaksanakan opname 40%  tahap awal tahun 2021.

Gedung dengan desain minimalis tersebut cukup memberikan suasana nyaman bagi warga desa.

Dengan hadirnya gedung serbaguna ini, kata Kades Duku Ulu Amarwan. S.Pd, “diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh aparat desa serta masyarakat Duku Ulu dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan ataupun kegiatan pelayanan aparat pemerintah kepada masyarakatnya. Gedung ini diharapkan dapat memberikan nilai guna bagi aparatur pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Desa Duku Ulu,” ujarnya.

Sementara itu pak Kades, mengatakan penyelenggaraan pemerintah desa didasarkan atas keanekaragaman, partisipasi, demokratisasi, otonomi asli dan pemberdayaan.

Dari kelima unsur tadi hari ini sudah ditunjukkan oleh seluruh masyarakat Desa Duku Ulu yakni partisipasi dan pemberdayaan sehingga dapat mewujudkan gedung serbaguna yang representatif sebagai pusat pelayanan masyarakat sebagai salah satu upaya mewujudkan desa yang maju mandiri sejahtera lahir batin.

Menurutnya, Pemerintah Desa Duku Ulu juga memiliki komitmen kuat dalam membangun desa karena desa diyakini akan menjadi tolak ukur pembangunan pemerintahan ditingkat Kabupaten.

Kalau pembangunan desanya berhasil Insya Allah Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong  juga akan maju dalam pembangunan dan yang paling penting lagi seluruh pemerintah desa harus bisa membangun harmonisasi dan sinergitas antara pemerintahan desa dengan BPD dan lembaga desa lainnya serta seluruh komponen masyarakat melalui komunikasi yang intensif,” kata Amarwan kepada media Sinar Nusantara News.

Lanjutnya, “harapan saya agar masyarakat dapat memanfaatkan pembagunan yang ada dengan sebaik-baiknya dan bisa merasakan azas manfaatnya, mari bersama-sama untuk menjaga serta merawat karena bangunan ini adalah usulan dari masyarakat sendiri. Tak lupa panjat puji dan syukur Pemerintah Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong menggelar opname dan sertifikasi penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021,berjalan Sesuai yang dicanangkan,” ungkap Kades Amarwan, S.Pd.

Pendamping Desa (PD) Yosep juga mengatakan, pengecekan fisik bangunan atau opname ini dilaksnakan agar bangunan berjalan dengan baik sesuai dengan RAB, apabila ada kekurangan dapat terselesaikan dengan baik sesuai yang direncanakan sehingga untuk pencairan DD dan ADD yang berikutnya bisa dijalankan dengan lancar dan bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur tahap berikutnya.

Disisi lain Camat Curup Timur Robert Rio Tinto juga mengucapkan selamat menjalankan amanah yang diberikan sekaligus mampu menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik kepada anggota BPD Desa Duku Ulu.

Sebagai keterwakilan masyarakat, BPD diharapkan mampu membahas dan menyepakati Raperdes bersama Kades, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja Kades.

BPD juga berperan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga desa lainnya dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa termasuk welcome kepada media.

Semakin aktif anggota BPD menjalankan fungsi dan tugasnya semakin baik pula kinerja BPD dalam Pemerintahan Desa,” kata Camat.

BPD diminta melakukan koordinasi dengan kepala desa untuk membahas RPJMD Desa sebagai tindak lanjut amanat Menteri Desa PDTT, Menteri Keuangan dan Mendagri terkait penangan Covid 19 melalui APBDesa RKPDes 2021 dan sekaligus persiapan penyusunan APBDes 2021.

Semoga Pembangunan GSGD Desa Duku Ulu  mampu memberikan rasa nyaman dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh segenap masyarakat desa, dan pengadaan barang Sarpras Desa  yang telah direalisasikan Pemerintah Desa mudah-mudahan bisa bermanfaat dan meningkatkan Akutabilitas kinerja perangkat desa, serta mampu memeberikan nilai plus, meningkatkan SDM serta membawa Desa Duku Ulu kearah kemajuan  dan kemandirian, sehingga akan memiliki daya saing dengan  desa lainnya,” pungkas Camat Robert Rio Tinto.

Turut hadir dalam Pelaksanaan Opname di Desa Duku Ulu, Camat Curup Timur Robert Rio Tinto, Kepala Desa Amarwan, S.Pd, Sekcam beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas Harwansyah, Babinsa Eka Putra,TA Kabupaten Alfian, PD Yosep, PDTI Pono, Ketua BPD Mulyadi serta anggota, Sekdes M. Reza Pahlevi, Kaur Keuangan Gusti Mangku Alam, Kadus 1, 2 dan Kadus 3 serta perangkat desa lainnya. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *