Kamis , 22 April 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Pekerjaan di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang  Diduga Ada permainan di Material dan (RAB)

Pekerjaan di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang  Diduga Ada permainan di Material dan (RAB)

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com Pembangunan Jalan usaha Tani di Desa Karang Jaya  Kecamatan Selupu Rejang  Kabupaten Rejang Lebong  yang di bangun melalui Dana Desa tahun 2020 diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai spesifikasi, disinyalir tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Kini menuai protes warga dan dicurigai ada indikasi negatif. Kini pembangunan Rabat Beton tersebut menjadi sorotan warga dan banyak menuai kritikan, dan terdapat dugaan pengerjaan Di Desa Karang Jaya dikerjakan secara asal-asalan dan tidak sesuai besaran teknis (Bestek).

Bangunan yang terletak di 3 titik yakni di dusun 2 dusun 3 dan 4, yang menggunakan angaran dana desa yang begitu besar dengan volume dusun 2, dengan panjang rabat beton (2×250 meter dengan pagu(170.258.200). Dengan kejangalan bagunan yg baru di bangun di TA 2020 sudah mulai retak terpus dan dianggarkan

Hitungan satuan per 1 meter mencapai Rp 681.000. permeter) dan bangunan yang ada di dusun 4, pelaksanaan JUT dengan Dana Rp 95.466.700 dengan panjang 1x 226 dengan temuan retak-retak diduga bangunan keropos. Dan hasil rician sementara diduga Rp 422.000 permeter dan di dusun 3 jalan usaha tani dengan panjang 2×230 meter dengan dana 170.258.200. Dengan Penemuan retak dan diragukan pengurangan material dan hasil Satuan berbeda beda dengan Rp 740.000 permeter dan diragukan ada permainan di harga satuan.

Dari hasil pantauan LSM PKN RI Provinsi Bengkulu dan rekanan awak media, kondisi bangunan Rabat Beton tersebut  pekerjaannya diduga asal jadi sebab telah nampak  retak putus yang cukup lebar, diduga adanya pengurangan kubikasi volume dari RAB yang sudah disepakati.Bila investigasi ini menemukan spesifikasi diluar ketentuan pembangunan tentu ini bertentangan dengan ketentuan yang sudah disepakati, yang akan berdampak pada mutu dan kualitas suatu bangunan, dan disertai akan membuahkan hasil kerugian yang menjurus kepada masyarakat dan pemerintah.

Untuk mengetahui hal yang sebenarnya Tim Investigasi LSM dan Media akan melakukan uji materil terkait hal tersebut, akan dilakukan uji lab tentang kandungan campuran semen dan pasir serta bahan bangunan lainnya, bila ditemukan indikasi kecurangan, makan Tim gabungan LSM dan media akan segera membuat Dami Pengaduan yang akan ditujukan ke Tim Tipikor Polres Rejang Lebong, Kejari Rejang Lebong dan Inspektorat.

Sebelum menyusun Dami tersebut Tim LSM dan Media akan melakukan koordinasi kepada dinas Instansi terkait juga Tim Ahli Bangunan untuk mengetahui spesifikasi campuran bahan bangunan tersebut.

Kami akan meminta tegas kepada Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong  untuk turun langsung, dan menindak lanjuti serta dilakukannya evaluasi untuk kegiatan pembangunan  Rabat beton  di Desa Karang Jaya mulai  tahun 2018 Hingga 2020 , serta dilakukan  audit keuangan desa tersebut” Terang Ketua LSM Pemantau keungan Negara Rejang Lebong, Senin (15/03).

Kalau dengan anggaran besar  tapi  dikerjakan asal jadi kualitasnya pasti tidak akan tahan lama dan cepat rusak,” kata warga sekitar yang enggan disebutkan namanya. Hingga berita ini di Rilis , Kepala Desa Karang Jaya Belum Bisa di minta hak jawab.

Sayangnya sampai berita ini dirilis Kepala Desa tidak bisa dikonfirmasi, dihubungi melalui via telpon tidak diangkat bahkan lewat chat WhatsApp pun tidak di gubris.(RED)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Terus Membangun, Pemdes Ketenong Jaya Terus Tingkatkan Pelayanan Prima

 Hendri Kades Ketenong Jaya   Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Patut diapresiasi hasil kinerja dan pencapaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *