Rabu , 15 Juli 2020
Breaking News
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / Pelatihan BPD Desa Gunung Sakti Digelar Selama Dua Hari

Pelatihan BPD Desa Gunung Sakti Digelar Selama Dua Hari

BENGKULU SELATAN, SNN – Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tugas Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Desa Gunung Sakti Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar pelatihan selama dua hari dengan menghadirkan narasumber dari BPMD dan bagian hukum Pemda Bengkulu Selatan. Agenda pelatihan hari ini Selasa (16/06) menghadirkan tiga narasumber dari Dinas BPMD Bengkulu Selatan yaitu Heri, Pendi, dan Pika dari Bidang Pemerintah Desa BPMD Bengkulu Selatan, acara dibuka langsung oleh Camat Manna Turman, SE.

Dalam sambutanyan Camat berharap dalam pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anggota BPD, “kedepannya bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa, karena antara BPD dan Pemdes itu saling membutuhkan BPD tupoksinya merencanakan dan menampung aspirasi masyarakat. Sementara Pemdes sebagai exsekutornya di bidang pembangunan jadi bekerjasamalah dengan baik agar pembangunan Desa Gunung Sakti ini bisa berjalan normal,” ujar Camat.

Kades Gunung Sakti Nadiman, S. Sos menjelaskan, “pelatihan ini digelar tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang tupoksi BPD didalam pemerintahan desa agar BPD dalam menjalankan tugasnya benar-benar tahu tugas pokoknya. Selama dua hari pelatihan ini akan digelar di Sekretariat BPD Desa Gunung Sakti menghadirkan narasumber dari bidang pemerintahan dari BPMD dan hari kedua menghadirkan narasumber dari bagian hukum Pemda Bengkulu Selatan,” tegas Kades.

Nasumber dari BPMD Bengkulu Selatan Heri, dalam materi yang disampaikan saat pelatihan menyampai beberapa tupoksi BPD yang berhubungan dengan Permendagri No 110 Tahun 2016 yang mana tata cara tentang pembentukan jabatan di dalam lembaga BPD. Menurut Heri anggota BPD setelah tiga hari sesudah pengambilan sumpah atau pelantikan maka lima anggota BPD segera menggelar rapat guna enentukan struktur kepengurusan jabatan, yang pertama memilih ketua, wakil ketua, sekretaris, serta dua anggota diberi jabatan bidang, penyelenggraan dan pemberdayaan, yang kedua bidang pembangunan.

Masih menurut Heri, ada tujuh tugas pokok BPD yang harus dijalankan seperti :

  1. menggali aspirasi dari masyarakat ,
  2. menampung aspirasi dari masyarakat
  3. menganilisa aspirasi masyarakat
  4. menyalurkan aspirasi masyarakat
  5. melaksnakan musaywara desa
  6. Menyelenggarakan pemilihan kepala desa
  7. menyelenggarakan pemilihan antar waktu ( PAW) apa bila kepala desa berhenti atau di berhentikan.

“Karena peran BPD lah yang memproses atau menjaring pemilihan Kepala Desa, apa lagi sekarang rata-rata BPD di Bengkulu Selatan sudah ada sekretariat sendiri dan didukung fasilitas yang memadai tentu sudah bisa bekerja secara aktif atau bergantian dan BPD juga bisa mengangkat staff apabila dibutuhkan dan kemampuan keuangan tersedia tapi semuanya dikoordinasikan dulu dengan Pemdes,” tegas Heri. (A.H)

 

About adminSNN

Check Also

Pemdes Pahlawan Lakukan 3 Item Titik Nol Kegiatan Fisik dan Pembagian BLT-DD Tahap Akhir Secara Dor To Dor

REJANG LEBONG, SNN – Dengan rasa tanggungjawab yang besar dan mematuhi segalah portap yang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *