Kamis , 5 Agustus 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Pemdes Cawang Lama Tuntaskan Pembagian BLT DD Tahap 1 TA 2021

Pemdes Cawang Lama Tuntaskan Pembagian BLT DD Tahap 1 TA 2021

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com Pemerintah Desa (Pemdes) Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk tahap I bertempat di balai desa setempat, Senin (19/04).

Pada pembagian BLT tersebut, Kepala Desa Cawang Lama Ishak secara simbolis menyerahkan bantuan sosial dari Dana Desa itu kepada salah seorang warga dari keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan. Penyaluran BLTDD mendapat pengawalan dan monitoring oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa serta perwakilan Polres Aiptu M. Ardiansyah Barus.

Alhamdulillah, pembagian BLT dari Dana Desa ini berjalan tertib dan lancar. Bantuan itu tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran serta berpatokan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kades Ishak ketika ditemui di tengah kesibukan pembagian BLT.

Jumlah KPM untuk BLT Dana Desa tahap I di Desa Cawang lama mencapai 27 KK yang masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp 300.000. Para penerima BLT tersebut berasal dari keluarga terdampak wabah Covid-19 yang tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lainnya.

BLT dari Dana Desa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak wabah Corona. Walaupun dananya dari desa, keputusannya dibuat oleh pemerintah,” ujar kades.

Penyaluran semua Bansos bagi warga terdampak Covid-19, kata dia, sesuai dengan prosedur, baik bantuan sosial berupa BST, JPS, BPNT, maupun bantuan PKH dan sekarang BLT dari DD untuk tahap I.

Pembagian BLT DD tahap I tidak ada masalah, maka untuk tahap kedua ini tinggal meneruskan saja. Jadi semuanya berjalan lancar karena data penerimanya sudah jelas,” tutur Ishak.

Pada pembagian BLT DD ini Pemdes Cawang Lama menerapkan protokol kesehatan. Semua hadirin, baik penerima maupun petugas penyalur BLT dan perangkat desa diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan, menjalani tes suhu tubuh, dan menjaga jarak.

Sementara itu perwakilan Kecamatan Gulam, menjelaskan, penyaluran BLT DD tahap ke 1 ini sudah melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan pemerintah. Proses pencairannya melalui serangkaian tahapan pendataan. Selain itu, data penerima sudah melalui verifikasi dan validasi. Proses verifikasi dan validasi data penerima BLT dilakukan melalui dari Kadus masing-masing.

Prosedurnya melalui musyawarah dusun dan maupun musyawarah desa khusus,” jelas Gulam.

Dalam penyaluran BLT DD tahap I ini tidak ada polemik di masyarakat. Sebagaimana halnya penyaluran BLT DD di desa – desa yang lain nya,semua proses penyaluran BLT DD tahap I berjalan lancar. Hal ini terwujud kerjasama dan sinergitas antara Kepala Desa, Kadus, BPD, LPMD, perangkat desa,  dan relawan Covid 19.

Dalam penyaluran BLT ini dihadiri oleh, Perwakilan Kecamatan Gulam, Perwakilan Polres Aiptu M. Ardiansyah Barus, Bhabinkantibmas Aipda Eli Ezen. SH,  Babinsa Sertu Aris Waluyo, PD Dedi Irawan… PDTI Ega Yulienda, PLD Widya Mayang Sari, Kadus serta perangkat desa lainnya. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Bupati Ajak Masyarakat Dukung Kue Tat dan Tari Andun

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Kue Tat, makanan tradisional asal Kabupaten Bengkulu Selatan. Masuk dalam urutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *