Senin , 27 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Pemdes Dusun Sawah Lakukan Titik Nol Pembangunan Saluran Drainase Tertutup

Pemdes Dusun Sawah Lakukan Titik Nol Pembangunan Saluran Drainase Tertutup

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Salah satu upaya mengantisipasi banjir bila curah hujan tinggi, Pemerintah Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (08/06) melakukan titik nol pembangunan saluran drainase Tertutup. Diketahui, pembangunan dengan volume 259meter ini gunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Kepala Desa, Dusun Sawah Ruslan, SH mengungkapkan, pemerintah desa berupaya semaksimal mungkin menggunakan Dana Desa untuk kepentingan warga khususnya Desa Dusun Sawah.

Pemerataan pembangunan di tiap dusun menjadi prioritas,” tegasnya.

Dijelaskan Kades, rencana penggunaan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 185.220.500, untuk pembangunan saluran Drainase tertutup sepanjang 259 meter di wilayah Dusun Sawah Ia menambahkan, program ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui BPD dan ditindak lanjuti oleh tim RKPDes, untuk dituangkan dalam Rencana Pembangunan Program Pemerintahan Desa Dusun Sawah.

Manfaat pembangunan saluran drainase tertutup ini adalah sarana untuk memperlancar aliran air, baik di musim kemarau maupun di musim penghujan, dan mencegah adanya luapan air ketika hujan lebat saat musim penghujan tiba,” sambung Ruslan, SH.

Saluran drainase lingkungan menurutnya, merupakan bagian penting dalam sistem pengaliran air dan tata ruang. Yang berguna, untuk mengalirkan resapan air hujan dalam lingkungan warga menuju ke badan sungai terdekat. Lingkungan lebih rapi, tidak becek dan terjadi banjir. Untuk memperbaiki tata ruang desa.

Masih banyak yang perlu diperhatikan, terkait pembangunan infrastruktur jalan, saluran air /drainase, maupun tata ruang desa untuk penunjang fasilitas umum. Setelah pembangunan saluran lingkungan tersebut selesai 100%, kami berharap warga dapat menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah, dalam bentuk apapun di selokan-selokan air,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini Camat Curup Utara Rector Vande Armada, berpesan kepada Pemdes Dusun Sawah, “tim pelaksanaan Kerja dan pihak 2 terkait untuk bekerja sesuai aturan yang ada, agar bangunan di desa Dusun Sawah ini dapat berjalan sesuai harapan kita. Sekali lagi saya menghimbau kepada Pemdes Dusun Sawah pekerjakanlah masyarakat desa Setempat agar dapat terbantu. Mengingat kita masih di masa pandemi dan dapat menjaga pembangunan baik yang sudah ada maupun yang akan kita bangun untuk tahun ini,” tutup Camat Rector Vande Armada.

Dalam giat titik nol ini dihadiri Camat Curup Utara, Rector Vande Armada, Kepala Desa RUSLAN. SH, Kasi P3U Kecamatan Hanif/ Golden, Babinsa Ruslan AU, Bhabinkamtibmas Japar, P3MD Septo Prayetno., S.Hut/Denny, PDTI Andi Gunawan., S.Ti, Kepala Dusun dan Perangkat Desa lainnya, juga disaksikan oleh masyarakat desa Dusun Sawah. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

DPRD Kota Bengkulu Siap Awasi Pendistribusian Beras PKHD

Kota Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu melalui Wakil Ketua Komisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *