Senin , 30 November 2020
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Pemdes Garut Gelar MusDes Terkait Perencanaan RKPDes 2021, Berikut Hasilnya….

Pemdes Garut Gelar MusDes Terkait Perencanaan RKPDes 2021, Berikut Hasilnya….

LEBONG, SNN – Pemerintah Desa Garut Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) terkait penyusunan RKPDes tahun 2021 dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa setempat dan pihak terkait yang dilaksanakan di Balai Desa Garut, Selasa (04/08).

MusDes yang digelar Pemdes Garut dihadiri oleh tim TA Kabupaten, pihak Kecamatan Amen, pendamping desa Kecamatan, Kades Garut, BPD, Kepala Dusun, Tokoh Pemuda, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan kelompok perempuan dari guru PAUD dan PKK Desa, serta perwakilan masyarakat desa.

Kepala Desa Garut Samsul Elamsyah menyampaikan bahwa Musdes pembahasan RKPDes ini adalah kewenangan BPD. Musdes ini secara periodik setiap tahun berjalan, untuk merencanakan pembangunan baik fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan yang telah dilaksanakan, Kepala Desa Garut mengajak semua masyarakat untuk sama-sama menjaga apa yang telah dibangun, agar apa yang telah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk program pembangunan tahun 2021. Dengan motto, “Dengan Semangat MusDes Perencanaan Pembangunan Yang Konstruksi Kita Wujudkan Garut Yang Lebih Baik” kata Kades.

Musdes RKPDes tahun 2021 dipimpin langsung oleh ketua BPD Desa Garut Sarino menjelaskan, pelaksanaan Musdes ini adalah dimana pelaksanaan Musdes oleh BPD sesuai mekanisme dan tupoksi BPD.

Mudah-mudahan pelaksaan Musdes ini bisa menjadi contoh bagi pemerintahan selanjutnya. Musyawarah Desa ini juga menjadi harapan baru bagi masyarakat, Musdes RKPDes bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan Desa di tahun 2021. Melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa sehingga terwujud pemerataan pembangunan di Desa,” sampai TA Pengembangan Ekonomi Desa Emis Tuatanasay.

Mengungkapkan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021 diarahkan untuk Pemulihan Ekonomi melalui upaya mendorong kegiatan ekonomi produktif dengan memanfaatkan asset desa dan potensi ekonomi desa.

Sementara itu Camat Amen yang diwakili oleh Kasi perekonomian dan pembangunan Yudi Pranata, S.Sos, dalam sambutannya mengajak semua unsur yang terkait untuk saling bersinergi dalam membangun Desa dan usulan pihak pihak terkait nanti agar mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat (prioritas), tentunya dengan mengacu pada program RPJMDes yang telah disusun.

Hasil akhir Musdes disepakati secara mufakat untuk dibidang Pembinaan kelompok-kelompok, Pembinaan Linmas, Pembinaan PKK, Pembinaan bidang Kesehatan, dan masalah pembangunan Kantor Desa Garut, fasilitas sarana dan prasarana olahraga dimasing-masing Banjar di Desa Garut.

Acara Musyawarah Desa berjalan lancar, dinamika rapat terlihat dengan munculnya berbagai usulan yang muncul dari peserta rapat dari perwakilan masing-masing kelompok. Dalam MusDes RKPDes 2021 juga ditetapkan tim 11. (YNS)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penjabat Bupati B-U Tak Hadir Paripurna, Pimpinan Batalkan Rapat Pembahasan RAPBD TA 2021

 BENGKULU UTARA, sinarnusantaranews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara kembali laksanakan rapat Paripurna, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *