Jumat , 24 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Pemdes Kampung Melayu Terima Kunjungan Monev Gugus Covid-19 Puskesmas Kemudian Lanjutkan Pembagian BLTDD

Pemdes Kampung Melayu Terima Kunjungan Monev Gugus Covid-19 Puskesmas Kemudian Lanjutkan Pembagian BLTDD

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Kepala Puskesmas Kampung Melayu, Jon Kenedi., S. Kep, bersama tim melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Posko Siaga Gugus Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 di Desa Kampung Melayu Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong, Jum’at (06/08).

Dalam kesempatan itu kepala Desa Kampung Melayu Suhardiyanto menyampaikan adapun upaya-upaya yang telah dilakukan di Desa Kampung Melayu saat ini sudah dibentuk Satgas pencegahan penyebaran Covid 19 di tingkat Desa untuk mengidentifikasi warga dari luar daerah dan melakukan patroli berupa woro-woro kepada warga setempat dan melakukan sosialisasi dan himbauan berkaitan dengan covid-19 serta melakukan aksi pencegahan dengan cara penyemprotan disinfektan di setiap Dusun.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah desa juga mulai mengaktifkan relawan Kadus dan lembaga desa yang ada. Salah satunya adalah mengaktifkan posko relawan pemantauan dan pencegahan covid-19, posko yang didirikan di setiap Dusun.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kampung Melayu Jon Kenedi S.Kep, melaporkan tindakan atau langkah-langkah yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 desa Kampung Melayu terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus korona atau Covid-19.

Termasuk data sementara Self Monitoring, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG), maupun pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Saat ini orang Positif Covid-19 ada 8 orang di desa yang sudah isoman,” ujar Jon Kenedi S. Kep.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait pencegahan Covid-19, desa Kampung Melayu telah melakukan berbagai kegiatan atau aksi sosial. Seperti, pembagian masker,Galon, penyemprotan disinfektan dan sanitasi lingkungan dibeberapa wilayah vital yakni, fasilitas umum dan wilayah pemukiman masyarakat lainnya.

Tim monitoring dari UPT Puskesmas Kampung Melayu juga memberikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat agar masyarakat selalu menggunakan masker dalam beraktifitas, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, membiasakan cuci tangan dan bagi masyarakat Kampung Melayu yang berada diluar kota dianjurkan untuk tidak mudik terlebih dahulu demikian halnya masyarakat Kampung Melayu tidak bepergian keluar daerah sehingga penyebaran virus Corona ini cepat segera terselesaikan,” tutup Jon Kenedi. S, Kep.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mematuhi Prokes PPKM Pemerintah Desa Kampung Melayu Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong bagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) salur yang ke 4 dan yang ke 5 sekaligus secara door to door ke rumah warga.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan PMK No.222 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 besaran BLT DD ditetapkan sebesar Rp. 300.000.- untuk bulan pertama sampai dengan bulan ke dua belas Tahun 2021 per keluarga penerima manfaat (KPM).

Dalam kata Sambutan Kepala Desa,  Suhardiyanto menjelaskan dalam kata sambutannya di aula kantor desa sebelum naik turun rumah warga penerima manfaat.

Kali ini kita pemerintah desa Kampung Melayu khususnya, agar nanti saat membagikan bantuan tunai kepada 29 kepala keluarga hendaklah kita harus mempersiapkan diri. Dengan cara memakai masker setiap sudah membagikan bantuan kepada penerima Semprot tangan kita dengan handsanitizer setiap sesudah membagikan bantuan tunai ini, agar kita tidak tertular virus baikpun yang menerima manfaat itu sendiri, jadi kita sama-sama saling menjaga kesehatan kita masing-masing. Pergunakanlah bantuan ini sebaik-baiknya belilh barang pokok rumah tangga seperti sembako mengingat virus corona (Covid-19) ini makin hari makin meningkat,” terang Suhardiyanto.

Bayu Wibowo selaku Kaur Keuangan berharap bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa sedikit membantu perekonomian masyarakat. Pemerintah Desa Kampung Melayu dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tingkat Desa telah berupaya semaksimal mungkin untuk seluruh warganya sehingga kasus Covid – 19 di Desa Kampung Melayu dapat terputus mata rantainya.

Kepada seluruh warga Desa Kampung Melayu untuk disiplin melaksanakan dan menerapkan Protokol Kesehatan serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tutur Kaur Keuangan Bayu Wibowo.

Dalam acara tersebut tampak hadir Kepala Puskesmas Jon Kenedi, S.Kep beserta anggota, Kepala Desa Suhardiyanto, Babinsa Serda Warsito, Bhabinkamtibmas Imam Rosidi, Ketua BPD Miswantoro, Kaur Keuangan Bayu Wibowo, Kadus 1 sampai Kadus 4 serta perangkat desa lainnya. (R/H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Penandatanganan MoU di Kecamatan Saling Terlaksana dengan Baik

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Setelah mengunjungi tiga Kecamatan,  Pendopo Barat, kecamatan Sikap Dalam dan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *