Senin , 1 Juni 2020
Breaking News
Slider

Home / Bengkulu / Rejang Lebong / Pemdes Makam Pahlawan Adakan Sosialisasi Program Penyaluran Dana BLT Ke Masyarakat

Pemdes Makam Pahlawan Adakan Sosialisasi Program Penyaluran Dana BLT Ke Masyarakat

REJANG LEBONG, SNN – Penyisihan sebagian anggaran Dana Desa (DD) untuk masyarakat terdampak Covid-19. Anggaran tersebut dialokasikan untuk Program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Untuk itu, seluruh Kepala Desa (Kades) diminta segera mendata penerima bantuan tersebut, Jum’at (01/05).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rejang Lebong meminta Kades mendata KK penerima. “Diharapkan Kades segera mendata penerima. Nanti relawan Covid-19 Desa juga akan mendata,” katanya, Selasa (21/04) lalu.

Bantuan dari pemerintah pusat ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa PDTT No 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Menteri desa PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020. Ditengah Pandemi Covid-19, Kemendes mengambil kebijakan untuk menyisihkan sebagian Dana Desa kedalam bentuk program BLT.

Kepala Desa Makam Pahlawan Kecamatan Curup Utara, Mustar Yadi mengatakan adapun ismenya juga telah ditentukan melalui surat edaran dari Pemerintah Pusat. Diantaranya, penerima BLT yaitu keluarga miskin non PKH dan BPNT yang kehilangan mata pencarian, belum terdata, dan memiliki anggota keluarga yang rentan sakit kronis.

Lanjut Mustar Yadi menyampaikan, “dalam mekanisme pendataan akan dilakukan oleh relawan Covid-19 Desa dengan basis pendataan Kemudian dilanjutkan Musyawarah Desa (Musdes) untuk Validasi, Finalisasi dan penetapan penerima BLT yang ditandatangani Kepala Desa. Setelah itu, pengesahan Bupati/Wali Kota atau Camat selambatnya lima hari,” ujar Kades.

Himbauan Kepala Desa kepada relawan Covid-19, “agar melakukan pendataan yang tepat sasaran. Jika tidak, akan merugikan desa kita sendiri,” katanya.

Perlu diketahui, besaran BLT yang diterima setiap KK senilai Rp. 600.000 setiap bulan. Bantuan ini akan berlangsung secepatnya,” tutup Kades. (RIO)

About adminSNN

Check Also

Memaknai Hari Lahir Pancasila 1 Juni Bagi Generasi Bangsa

BENGKULU, SNN – Setiap tahun 1 Juni selalu diperingati sebagai sejarah lahirnya Pancasila. Dalam mamaknai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *