Kamis , 29 Oktober 2020
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Bengkulu / Bengkulu Selatan / Pemdes Pajar Bulan Gelar Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa

Pemdes Pajar Bulan Gelar Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa

BENGKULU SELATAN, SNN – Untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengadaan barang dan jasa ditingkat desa perlu diadakan pelatihan khusus yang menghadirkan narasumber yang berkualitas dan terpercaya, agar pemahaman pengadaan barang dan jasa secara umum dan teknis bisa berjalan sesuai regulasi yang ada.

Hari ini Selasa (06/10) Pemerintah Desa Pajar Bulan Kecamatan Segini Kabupaten Bengkulu Selatan mengelar pelatihan pengadaan barang dan jasa dengan mendatangkan 3 narasumber dari Kabupaten dan tingkat Kecamatan yang tidak diragukan lagi pengetahuan dan keilmuannya secara teknis.

Acara di buka langsung oleh Kades Pajar Bulan Daus yang dalam sambutan Kades mengajak dan mengingatkan kepada semua perangkatnya dengan diadakannya pelatihan ini, “agar kedepannya kemampuan bisa ditingkatkan supaya di dalam penyusunan APBDes tahun depan sudah bisa lebih baik lagi,” ujar Kades sembari membuka acara secara resmi.

Narasumber dari Kabupaten yang merangkap sebagai Tenaga Ahli, Kabupaten Bengkulu Selatan Willman Toni, dalam materi yang disampaikan menjelaskan secara gamlang, “untuk jasa desain RAB sebaiknya menggunakan jasa Kader Teknis Desa ( KTD ) didampingi Pendamping Desa, karena KTD lebih mengetahui lokasi dan keadaan lingkungan, juga masalah Desain Rancangan atau sketsa dalam imanjinsi yang diwujudkan dalam bentuk nyata, sketsa yang sudah bisa menunjukan batasan jenis kontruksi dan dimensinya, tujuan dari pengetahuan pengadaan barang dan jasa salah satunya untuk memperoleh kualitas baik persediaan terjamin dan hemat biaya dan meningkatkan kemandirian serta  tanggung jawab masyarakat, TPK dan panitia pengadaan,” jelas Willaman Toni.

Sekcam Kecamatan Seginim yang mewakili Camat menyampaikan secara umum pentingnya pengetahuan pengadaan barang dan jasa agar kedepannya, “agar  tidak menimbulkan masalah di desa dalam mengelola keuangan desa, karena kalau kesalahan administrasi masih bisa diperbaiki tapi kalau salah secara teknis itu bisa berujung ke hukum,” ujar Juli Sekcam Perwakilan Dari Kecamatan Seginim.

Ditambahkan oleh Lin Aprianto, SE Selaku Pendamping Lokal Kecamatan Seginim, juga mengajak semua perangkat desa agar memahami perbedaan tupoksi melekat dan jabatan staff desa, “jika tupoksi melekat sudah di atur Permendagri No 84 tahun 2015. Tupoksi melekat bisa berubah apabila ada rolling jabatan, sedangkan jabatan staff bisa berubah sesuai kebutuhan dan keahlian, jadi saya ingatkan kepada Sekdes, agar bisa mengarahkan, memahami dan membina tiga Kaur yang ada agar selalu menjaga kekompakan dalam bekerja agar bisa menghasilkan kinerja yang baik kedepannya,” tegasnya. (A.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Nekad Bawa Ganja, Warga Merigi di Bekuk Polisi

REJANG LEBONG| BENGKULU, sinarnusantaranews.com – Pada Rabu (28/10) kemarin, sekira pukul 11.30 Wib, Unit Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *