Rabu , 25 November 2020
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Lebong / Pemdes Semelako III Salurkan BLT-DD Secara Merata Kepada Warga Terdampak Wabah Covid-19

Pemdes Semelako III Salurkan BLT-DD Secara Merata Kepada Warga Terdampak Wabah Covid-19


LEBONG, SNN – Berdasarkan peraturan pemerintah melalui Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan diperkuat Kementerian Desa. Pemerintahan Desa (Pemdes) di seluruh Indonesia, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Salah satunya seperti yang dilakukan pemerintahan Semelako III, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong. Setelah melalui verifikasi data calon penerima melalui Musyawarah Desa (Musdes). Warga penerima BLT-DD, Datanya tidak masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) Kementerian Sosail Republik Indonesia.

Kepala Desa Semelako III Zulkabrion menjelaskan, setelah melakukan verifikasi data melalui Musdes, pihaknya menyalurkan BLT-DD kepada 63 Kepala Keluarga (KK).
Mereka menerima bantuan sebesar Rp. 600.000 terhitung untuk bulan April, sumber anggarannya dari DD tahap pertama 2020,” ujar Kades.

Kades yang akrab disapa Yon menambahkan, bantuan tersebut disalurkan secara merata per KK dalam satu rumah, sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah, dan bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang tidak menerima bantuan dari pemerintah seperti PKH, BPNT, dan BST.

Jadi setiap Kepala Keluarga yang belum mendapatkan bantuan dari PKH, BPNT, dan BST kita berikan bantuan melalui BLT-DD ini. Jadi setiap rumah di Semelako III dapat bantuan,” jelas Yon.

Kades pun berharap BLT-DD ini dapat membantu perekonomian masyarakat terutama dalam kebutuhan sehari-hari. Dan masyarakat dapat lebih bijak dalam membelanjakan uang tersebut.

Kita juga telah mengimbau kepada penerima agar mempergunakan bantuan sebaik mungkin. Utamakan kebutuhan pokok, jangan membeli hal yang tak terlalu penting dulu di masa pandemi ini,” harapnya.

Sementara itu, Camat Lebong Tengah, Sugiarto, SH pun mengapresiasi terkait penyaluran BLT-DD di Desa Semelako III, karena hampir pembagiannya secara merata.

Seperti kita ketahui bersama bentuk apapun bantuan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Semoga bantuan yang tersalurkan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima,” singkat Camat.

Terpantau, dalam penyaluran BLT-DD dihadiri Camat Lebong Tengah, Kapolsek Lebong Tengah Iptu Kuat Santosa, Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Tenaga Ahli (TA), BPD dan segenap Perangkat Desa  Semelako III serta masyarakat penerima BLT-DD. (ADV/YNS)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Terkait Dana DAK Pendidikan Bengkulu Selatan Ketua DPW LSM Gemawasbi Ajukan Surat Klarifikasi

BENGKULU SELATAN, sinarnusantaranews.com – Dana alokasi khusus bidang pendidikan di Bengkulu Selatan tahun 2020 lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *