Jumat , 17 September 2021
Breaking News
Slider

Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pemdes Tanjung Besar Gelar Kegiatan Bimtek Relawan Pendata SDGs

Pemdes Tanjung Besar Gelar Kegiatan Bimtek Relawan Pendata SDGs

Bengkulu Selatan, sinarnusantaranews.com – Tepat pada Jum’at (21/05), Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Besar Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Bimtek relawan pendata Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini dilaksankan di balai kemasyarakatan Desa setempat.

Pada kesempatan yang baik ini Penjabat Kepala Desa Tanjung Besar Tiwardi, SE menyapaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada tenaga relawan dalam melaksanakan tugasnya nanti.

Kegiatan Bimtek hari ini bentuk dari respon positif kami menyambut program Pemerintah pusat, untuk mewujudkan percepatan pencapaian tujuan pembangunan Nasional berkelanjutan,” ujar Tiwardi.

Lebih lanjut Tiwar menuturkan, SDGs ini sangatlah tepat untuk menyusun program pembangunan agar lebih tepat sasaran, dengan sistem SDGs semua data di desa nantinya akan sangat mudah untuk diakses. “Karena tim relawan pendata itu berasal dari desa itu sendiri yang sudah barang tentu dia (pendata) tahu persis kondisi lingkungan dan kondisi warga Desa tersebut, supaya dalam melaksanakan pekerjaan nanti, tim relawan pendata bisa mengerti dan tahu tugas dan pungsinya. Maka pemerintah mengadakn bimbingan tehnik untuk para tim relawan pendata,” terangnya.

Semoga saja Bimtek yang kita laksanakan selama satu hari ini, akan mampu membuat tim relawan pendata dapat bekerja secara maksimal sesuai seperti apa yang kita rencanakan. Program ini sangatlah bagus saya berharap kedepanya akan berjalan sebagaimana mestinya akan banyak desa ataupun individu warga desa yang akn terbantu.”

Terpisah Livon Abdionas Pendamping Desa Kecamatan Manna menuturkan, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan terkait dengan, akan diluncurkanya program SDGDs.

Khusus hari ini pelatihan format pengisian visioner pendataan, mulai dari data individu, keluarga, desa dan dusun,” kata Livon Abdionas kepada awak media.

Program SDGs ini lanjut Livon, adalah pembangunan berkesinambungan yang rencananya akan berlangsung sampai tahun 2030. Langkah awal dari SDGs itu sendiri adalah untuk menetapkan status desa, sehingga melalui pendataan yang dilakukan oleh tim relawan pendata, akan dijadikan acuan sebagai penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) oleh Pemdes, sehingga dapat ditentukan apa yang menjadi skala prioritas pembangunan bagi Pemdes untuk tahun berikutnya.

Dari hasil pendataan akan diketahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat desa,” kata Livon.

Semua informasi terkait status desa nantinya akan dimiliki oleh Pemerinntah desa, mulai dari keberadaan orang sakit, orang tidak mampu serta pembangunan-pembangunan yang dibutuhkan. Sehingga di dalam rancangan penyusunan pembanguan desa, semuanya mengacu kepada hasil pendataan SDGs tersebut,” terangnya.

Untuk mengingat kembali tambah Pendamping Desa dari Kecamatan Manna ini, bila merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa.

Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Dari pantauan awak media pelaksanaan kegiatan Bimtek tersebut tetap memberlakukan disiplin protokol kesehatan. (A.H)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Kepsek SMA N 1 Lintang Kanan Bersama TNI-Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Sekolah

Lintang Kanan| Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Untuk memerangi peredaran virus Covid-19 yang saat ini masih menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *