Rabu , 21 Oktober 2020
Breaking News

Home / Daerah / Pemerintah Kecamatan Lebong Selatan Gelar Rakor Terkait Perencanaan Pembangunan Melalui Anggaran DD dan ADD Tahun 2021

Pemerintah Kecamatan Lebong Selatan Gelar Rakor Terkait Perencanaan Pembangunan Melalui Anggaran DD dan ADD Tahun 2021

LEBONG, SNN – Rapat Koordinasi (Rakor) perencanaan pembangunan melalui anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021digelar di kantor Camat Lebong Selatan yang dipimpin langsung oleh Camat Fendi, SE dimulai sekira pukul 10.00 WIB, Rabu (08/07).

Rakor dibuka langsung oleh Camat Lebong Selatan yang dihadiri oleh, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Lebong Selatan, Kadus per desa se-Kecamatan, ketua BPD dan anggota BPD perdesa se-Kecamatan yang didampingi oleh Kanit Binmas Sada Arihta Ginting Polsek Lebong Selatan, PDP, dan Kasi PM. Rakor disampaikan oleh TA PED, TA TTG, TA Infrastruktur Kabupaten, serta P3MD.

Hasil rapat yang diperoleh pada hari ini  adalah sebagai berikut :

1. Pemaparan materi Rakor perencanaan pembangunan pengelolahan DD dan ADD tahun 2021,
2. Diimbau kepada Kepala Desa, menunjuk operator sebagai pengelola aplikasi melalui surat keputusan yakni aplikasi desa melawan Covid-19, EDMC dan aplikasi Human Development Worker (eHDW) penangan pencegahan stunting
3. Berdasarkan Permendagri no 20 tahun 2018, diimbau kepada pemerintah desa untuk melakukan perubahan RPJMDES melalui konsultasi publik melalui BPD, berdasarkan musyawarah jika terjadi nya peristiwa khusus seperti bencana alam,dan non alam atau terdapat perubahan mendasar atas kebijakan pemerintah
4.Diimbau dan disepakati oleh kepala desa/pemerintah desa dan tim penyusun RKPDes, untuk menyusun RKPDes pada bulan juli tahun berjalan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan melalui, Musdes dan diterapkan dengan Perdes, paling lambat bulan September tahun berjalan sebagai dasar pemerintah desa untuk menetap kan APBDes, tahun 2021.
5. Dalam penyampaian dan penyusunan RKPDes tahun 2021, diimbau kepada pemerintah desa untuk fokus pengembangan RKP dalam kegiatan pemulihan kegiatan ekonomi dan pembangunan, infrastruktur, lebih kearah pengembangan ekonomi dan dapat menyerap tenaga kerja di wilayah setempat, dan membangun, serta mengembangkan BUMDes untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

Dengan catatan kegiatan Musdes akan dijadwalkan oleh pihak Kecamatan sesuai dengan kesepakatan rapat.

Adapun semangat perencanaan RKPDes 2021 meliputi :

1. Kualitas dokumen perencanaan partisipatif
2. Konsistensi mekanisme, tahapan dan waktu penyusunan RKPDes
3. Sinkronisasi kebijakan perioritas perencanaan pembanguan daerah dan desa
4. Semangat pemulihan ekonomi melalui kegiatan usaha ekonomi produktif, pengelolaan dan pengembangan potensi SDA desa, pemanfaatan Teknologi Tepat Guna, peningkatan kapasitas SDM dan kelembagaan desa, padat karya tunai, infrastruktur yang berkorelasi langsung dengan kebutuhan pengembangan ekonomi desa pasca pandemi Covid 19.

Hingga akhir kegiatan, Rakor berjalan dengan tertib lancar dan kondusif tanpa ada kendala apapun. (MNHR)

About adminSNN

Check Also

Penyerahan Hasil TMMD Ke 109 TA 2020, Sukses dan Produktif

REJANG LEBONG, SNN – Dengan menjalankan protokol kesehatan kegiatan penyerahan hasil TMMD ke 109 tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *