Home / Breaking News / Pemkab Empat Lawang Melalui Dinsos, Peduli Kepada Masyarakat Lansia dan Penyandang Disabilitas

Pemkab Empat Lawang Melalui Dinsos, Peduli Kepada Masyarakat Lansia dan Penyandang Disabilitas

Empat Lawang, sinarnusantaranews.com – Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang menyalurkan bantuan sosial alat bantu bagi penyandang disabilitas dan lansia. Penyaluran alat bantu ini langsung dibagikan ke rumah masyarakat penerima masing masing, Senin (19/9/2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang Eka Agustina S.sos MM mengatakan, bagi penyandang disabilitas dan lansia, alat bantu menjadi kebutuhan dasar yang berpengaruh besar terhadap partisipasi penyandang disabilitas dan lansia dalam berbagai aspek pembangunan. Tapi ketersediaan alat bantu tersebut masih belum mencukupi akibat keterbatasan biaya dalam pengadaan dan penyediaan alat bantu yang sangat terbatas serta belum merata di seluruh Kabupaten Empat Lawang ini.

“Insyaallah tahun depan akan kita usahakan agar bisa lebih banyak lagi dapat memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas dan lansia ini,” pintanya.

Lanjut Eka, sejauh ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam memenuhi kebutuhan alat bantu untuk penyandang disabilitas dan lansia. Antara lain melalui pembiayaan baik dari pusat, provinsi, maupun kabupaten. Namun karena ada beberapa kendala, tidak semua penyandang disabilitas mendapatkan alat bantu.

“Kami dari pihak Dinas Sosial (Dinsos), terus selalu berusaha agar seluruh masyarakat penyandang disabilitas dan lansia di Empat Lawang dapat tersentuh semua bantuan, ” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Etty Rahmena S.Pd menuturkan, jumlah penerima manfaat dalam pembagian alat bantu untuk penyandang disabilitas dan lansia ini sebanyak 40 orang masuk kategori masyarakat tidak mampu.

“Bantuan yang diberikan kepada masyarakat berupa, 19 unit kursi roda, 6 unit kruk ketiak dan 15 unit alat bantu dengar,” ucapnya.

Sambung Etty, tujuan pemberian alat bantu kepada penyandang disabilitas antara lain untuk mendukung pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas serta lansia agar dapat memudahkan tumbuh kembang serta hidup bermasyarakat secara optimal sebagai wujud pencapaian hak-haknya.

“Pemberian alat bantu ini bertujuan guna untuk meningkatkan kualitas sehingga lebih mandiri, juga memberikan layanan dan perlindungan sosial bagi penyandang disabilitas dan lansia yang membutuhkan alat bantu yang berguna dalam membantu mereka beraktifitas,” katanya.

Salah satu masyarakat penerima alat bantu dengar Kgs Ali (62) tahun menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pemerintah Empat Lawang dan dinas sosial (Dinsos), yang telah berbesar hati memberikan bantuan ini.

” Saya sangat merasa terbantu sekali dengan alat bantu dengar yang telah diberikan ini, semoga kedepan program pemerintah untuk membantu lansia dan penyandang disabilitas dapat berjalan dengan lancar.” (Vn)

About adminSNN

Check Also

Senator Riri Siap Bersinergi Menurunkan Angka Kemiskinan

Hj Riri Damayanti John Latief di bersama Bupati dan wakil bupati Kepahiang beserta ibu bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *