Senin , 19 April 2021
Breaking News
Slider

Home / Breaking News / Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Pembinaan BUMDes

Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Pembinaan BUMDes

Sumatera Selatan, www.sinarnusantaranews.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang dikelola oleh Pemerintah Desa yang berbadan hukum. BUMDes merupakan implementasi dari mandat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 tentang lembaga keuangan mikro. Dimana Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Desa guna mewujudkan demokrasi ekonomi di pedesaan.

Selain itu terkait BUMDes juga merujuk pada Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang 2 hak kewenangan desa yang diantaranya hak asal usul (hak asli) dan kewenangan desa atau skala desa. Dalam hak kewenangan lokal skala desa inilah dasar dari desa untuk membentuk BUMDes dengan mengakomodir atau mensolidkan potensi ekonomi yang sudah ada di desa.

Melalui BUMDes inilah diharapkan mampu untuk mendukung target penurunan angka kemiskinan perbaikan kesejahteraan masyarakat yang ada di pedesaan.

Seperti Sumatera Selatan dalam kurun waktu 2015 sampai 2020 tercatat sudah berdiri sebanyak 2.546 BUMDes. Kini Kementerian Desa terus berupaya meningkatkan dan memperbaiki kendala-kendala yang terjadi di BUMDes. Salah satunya dengan memprioritaskan untuk merevitalisasi BUMDes secara kelembagaan dan juga kualitas perencanaan hingga peningkatan produksi. Melalui skema ini, Kementerian Desa mengarahkan agar seluruh BUMDes yang ada untuk meregistrasi secara online dari website resmi Kementerian Desa Republik Indonesia.

Menilai perkembangan BUMDes di Sumatera Selatan, Eka Subakti Tenaga Ahli Madya Ekonomi Lokal Provinsi Sumatera Selatan menuturkan hingga saat ini baru sekitar 2107 yang telah teregistrasi 7dan di tahun 2021 ini diharapkan terdaftar secara menyeluruh. Melalui skema revitalisasi, Eka Subakti menuturkan pihaknya akan melakukan validasi atau pemutakhiran data yang akhirnya dapat digunakan oleh Pemerintah dalam melakukan upaya pembinaan kepada BUMDes. (Amr)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Pemdes Cawang Lama Tuntaskan Pembagian BLT DD Tahap 1 TA 2021

Rejang Lebong| Bengkulu, sinarnusantaranews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *