Selasa , 26 Januari 2021
Breaking News
previous arrow
next arrow
Slider

Home / Breaking News / Penantian Masyarakat Desa Air Bening Akhirnya Terwujud

Penantian Masyarakat Desa Air Bening Akhirnya Terwujud

REJANG LEBONG| BENGKULU, sinarnusantaranews.com – Setelah sekian lama menanti, masyarakat terutama yang sehari-hari bekerja sebagai petani di Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong akhirnya dapat menikmati Jalan Usaha Tani (JUT) yang ada di wilayahnya, terlebih jalur tersebut saat ini selesai dibangun dengan pekerasan terlebih dahulu.

Hari ini Kamis (26/11) tim lakukan Opname pembangunan jalan akses lahan/JUT dengan panjang 485X3 meter, dengan pagu dana Rp 680.000.000.

“Ini menjadi akses pertanian warga, tidak hanya itu untuk mempermudah para petani, Bagi petani yang biasa berjalan kaki saat ini mereka sudah bisa menggunakan kendaran roda 2 langsung dikarenakan sudah dibangun plat deuker yang ada di 6 titik jalan tersebut dengan yang menggunakan pagu dana DD Rp 680.000.000, dimana dana tersebut juga masuk di dalam. Bantuan BLT desa yang selama ini kita pangkas,” terang Kepala Desa Warsito. SH.

“Pembangunan jalan ini merupakan bantuan pemerintah tahun 2020 jalan ini jelas sangat bermanfaat bagi petani khususnya yang ada di Desa Air Bening” kata Kepala Desa.

Menurutnya, pembangunan JUT ini tentu akan mempermudah akses petani khususnya petani kopi dan hasil bumi lainnya. Sebab adanya JUT ini akan memangkas waktu dan biaya bagi para petani dalam membawa hasil bumi.

“Petani kopi, baikpun padi .dengan mudah bisa ‘melangsir’ hasil panen ke jalan raya untuk segera diangkut ke pasar, sehingga jalan ini akan memangkas biaya produksi,” ujarnya.

Menurut keterangan Kades sebelum ada jalan ini, para petani sering mengeluh dan cukup kesulitan transportasi dalam mengangkut kopi padi dan hasil bumi. Sementara harga jual terbatas. Biaya transportasi tidak mungkin dihindari. Potret kehidupan petani seperti ini sudah lama terjadi. Hal ini menjadi salah satu penghambat petani untuk maju. Baik kopi, maupun pertanian lainnya.

“Tahun 2020 ini petani Desa Air Bening khususnya di dusun 3 atas sedikit bernafas lega dengan dibangunnya jalan yang menembus area perkebunan Kopi hingga ladang atau pesawahan. Warga dan anggota kelompok tani pun merelakan lahan pertaniannya demi pembangunan jalan yang di tunggu-tunggu tersebut,” katanya.

Camat Bermani Ulu Raya Basuki Wibowo, peresmian JUT mengatakan, Pemkab Rejang Lebong akan terus mendukung aspirasi masyarakat yang bermuara pada kesejahteraan dan pemberdayaan. Pemkab siap menganggarkan anggaran untuk menyambung pembangunan JUT hingga balai desa.

“Saya paham, jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu akan kami upayakan untuk menuntaskan pembangunan JUT hingga balai desa, ” ujarnya.

Bupati meminta, pembangunan Jaln Usaha Tani ini tetap dalam pengawasan Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahana Pangan dengan pengelolaan swadaya atau swakelola dengan sistem padat karya.

“Mengapa swakelola, ini untuk melatih kemandirian. Kalau jalan milik sendiri dikerjakan sendiri pasti akan maksimal karena merasa memiliki. Saya lihat kemarin swadaya dan kerja sama warga di sini luar biasa,” tutup Suko Basuki Wibowo.

Dalam kegiatan Acara tersebut dihadiri oleh Camat BUR Suko Basuki Wibowo TR, P3MD Andrico, PLD Pajri, Babinsa Catur S, Bhabinkamtibmas Wawan S, Sekretaris Desa Mulyani, Kadus 1 sampai 4, BPD Jon Harizon, BMA d an pihak tewrkait lainnya. (RIO)

http://www.nuamooreabengkulu.com

About adminSNN

Check Also

Monev Desa Mangkurajo, Pembangunan GSG Tinggal Tahap Finishing

Lebong| Bengkulu, www.sinarnusantaranews.com – Pemerintah desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong hari ini Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *